warna website yang menarik

Menentukan Kombinasi Warna Website yang Menarik dan Elegan

Pahami beberapa tips menentukan pewarnaan website
Pahami beberapa tips menentukan pewarnaan website

Contohdesain.my.idWarna website yang menarik menjadi hal utama untuk diperhatikan agar memberikan kesan elegan dan profesional. Warna-warna yang ditemukan setiap harinya dalam kehidupan memiliki pengaruh tersendiri terhadap psikologi. Kamu dapat menggambarkan perasaan sedih, senang, bahagia, berduka, terharu, terluka, kecewa dan lainnya hanya dengan memakai warna-warna saja.

Baca Juga :https://contohdesain.my.id/elemen-dasar-website/

Begitupun dalam dunia website pemilihan warnanya juga mempengaruhi penilaian terhadap kualitas perusahaan atau bisnis kamu. Jangan sembarangan memilih warnanya jika tidak ingin mendapatkan penilaian negatif dari pembaca. Berikan kesan pertama yang hangat dan nyaman untuk dilihat sehingga semakin tertarik untuk menggali informasi pada situs web.

Warna website yang menarik

Pahami lebih mendalam tentang teori dasar agar lebih mudah menentukan pilihan untuk halaman website pada situs. Karena warna ternyata bisa mempengaruhi perasaan maupun daya tarik tersendiri kepada para pengunjung website. Simak penjelasan singkat mengenai klasifikasi dasar serta bagaimana tips agar dapat memilih warna-warna paling efektif.

Memahami Lebih Mendalam Teori Khususnya untuk Web Desain

warna website yang menarik
Warna website yang menarik

Elemen warna adalah hal penting yang akan dibahas kali ini agar dapat menyesuaikan dengan desain pada websitenya. Pahami pembagiannya berdasarkan turunan atau pencampuran agar mendapatkan keserasian paling tepat. Warna-warna yang ada di alam sangatlah banyak dan untuk menyederhanakannya maka dibagi ke dalam 4 klasifikasi.

Klasifikasi warna dasar

Klasifikasi warna website yang menarik yang perlu dipahami adalah warna-warna primer, sekunder sebagai dasarnya. Sifatnya paling murni dan tidak ada campuran lain dari warna apapun yaitu merah, kuning maupun biru. Dari warna murni inilah nantinya akan menjadi dasar campuran untuk membentuk berbagai warna-warna menarik lainnya.

Temperatur warna

Sebuah pilihan warna berpengaruh pada suasana hati dan pikiran pembaca pada web menjadi nyaman. Ternyata warna-warna juga memiliki temperatur sebagai gambarannya yaitu panas maupun dingin namun berbeda dengan suhu. Contoh warna-warna panas yaitu merah, oranye, kuning sedangkan contoh yang dingin yaitu hijau, biru dan ungu.

Pencampuran warna

Kamu juga harus memahami tentang pencampuran warna website yang menarik sehingga dapat menemukan kombinasi terbaik. Cobalah gabungkan antara warna-warna dasar dengan netral demi mendapatkan pencampuran sesuai keinginan. Contohnya yaitu shade dan tone dimana masing-masing memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat dicoba untuk mengetahui paling tepat.

Baca juga : https://contohdesain.my.id/cara-mendesain-website/

Tips Pemilihan Warna Paling Tepat dan Efektif untuk Desain Website

Banyak orang mengabaikan pemilihan warna pada website yang menarik karena dianggap semua warnanya sama saja. Padahal memiliki pengaruh paling penting untuk memberikan kesan awal semenarik mungkin untuk para pembaca. Jika kamu bingung bagaimana cara memilih paling efektif warnanya maka bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

Pilih sesuai brand

Jika website digunakan untuk kebutuhan bisnis ataupun memperkenalkan perusahaan maka sesuaikan dengan brand. Masyarakat akan lebih mudah mengenali perusahaan serta website dari ciri khas warnanya. Tujuannya untuk branding di berbagai media baik media cetak maupun online seperti web serta menghindari kesan tidak konsisten.

Memahami psikologi warna

Tahukah kamu warna ternyata warna website yang menarik mampu memberikan pengaruh ke alam bawah sadar untuk mempengaruhi psikologi. Mata akan otomatis tertarik pada hal-hal yang sifatnya menonjol pada halaman website kamu. Terapkan pemilihan warnanya sesuai dengan urutan misalnya informasi penting pilih yang kontras serta masih banyak contoh lainnya.

Sesuaikan siapa target pasarnya

Memilih warna-warna paling efektif haruslah disesuaikan dengan target pasar atau sasaran pembaca website kamu. Setiap orang memiliki daya tarik berbeda-beda terhadap pemilihan warnanya baik jenis kelamin, usia maupun hal lainnya. Maka kamu harus memahami target pasar terlebih dahulu agar lebih mudah pada saat mendesain web.

Warna teks harus kontras dengan backgroud

Teks merupakan sumber informasi yang disediakan di halaman utama website untuk para pembaca atau konsumen. Agar teks tersebut lebih mudah dan enak untuk dibaca sebaiknya warnanya harus kontras dengan background. Jangan sampai kamu salah memadukan warnanya sehingga teks sulit dibaca dan akhirnya membuat malas pembaca.

Kesimpulan

Ada banyak hal harus diperhatikan jika ingin tampilan web menjadi lebih menarik, elegan dan memberi kesan sangat profesional. Web sering digunakan untuk branding produk atau perusahaan sehingga pemilihan warnanya juga harus disesuaikan. Menerapkan tips pemilihan warna website yang menarik sangat membantu dan dianggap lebih efektif.

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.

Please disable your adblocker or whitelist this site!