kartu nama unik

9 Hal Dalam Memilih Kartu Nama Unik

Pendahuluan Memilih Kartu Nama Unik

Dalam menentukan pemilihan kartu nama ada baiknya dengan melakukan survei kecil. Dimaksud agar dalam memilih kartu nama tidak berganti-ganti desain dikemudian hari. Profesionalitas akan tampil bila konsekuensi kepada hal-hal dasar. Termasuk bila sering berganti desain itu sendiri, membuat terkesan tidak etis.

Desain itu melambangkan jati diri, bila mengandung makna maka akan sering diingat. Usahakan hanya berisi informasi penting agar bisa dihubungi kembali. Nah berikut beberapa tips dalam memilih desain kartu nama unik antara lain:

1. Pilih Desain Memperhatikan Industri Bisnis

Jangan asal memilih desain tanpa memperhatikan bagian bisnis yang ditekuni. Sama seperti membangun sebuah bisnis butuh rancangan agar target tercapai. Usahakan mengambil referensi dari internet yang meliputi bentuk, warna, hiasan dan pendukung lainnya dalam menentukan desain yang sesuai. Buatlah sesimpel mungkin agar terlihat bersih, kartu nama punya informasi yang kompetitif. Intinya harus menjadi pendukung bagi industri bisnis. Jangan menyamakan desain kartu nama anda dengan pesaing yang satu industri dengan anda, sehingga berkesan menyerupai pesaing.

2. Pilih Kertas Bagus

Setelah desain yang harus diperhatikan pada pemilihan kartu nama sesuai industri, maka selanjutnya memilih kertas yang bagus tidak mudah rusak. Sangat disayangkan jika kartu nama yang diberikan kepada calon pelanggan mudah rusak. Harga kerta berbeda-beda sesuai dengan kualitas, saran saya gunakan yang medium saja karena alasan modal pas-pasan.

Dan cetak kartu nama sekalian banyak sehingga mempunyai stok untuk diberikan kepada calon pelanggan ataupun kolega yang baru dikenal cukup. Untuk latar belakang kertas usahakan warna yang lebih dominan agar hemat tinta. Kertas bisa ukuran a4 yang bisa dibuat untuk beberapa unit kartu nama.

3. Pakai Desain Kartu Nama Yang Simpel

Sangat disayangkan jika kartu nama telihat buruk dipandang mata, itu bisa disebabkan karena memilih warna yang tidak sesuai perpaduan antar warna. Warna hitam dan putih adalah warna standard hampir masuk ke warna lain. Jangan lupa gunakan hitam untuk tulisan dan putih nama pemilik kartu nama. Juga gunakan warna putih untuk background karena hampir banyak pendesain kartu nama menggunakannya.

Simpel pada kartu nama itu dalam arti, menggunakan font yang tidak terlalu besar dan kecil. Saya sih menggunakan dengan ukuran 16,14 cm dan 12 cm baru anda perbesar sesuai kebutuhan. Dan jangan lupa untuk document -nya menggunakan CMYK dan 300dpi yang merupakan standard pencetakan.

4. Tentukan Standard Shape (Bentuk) Dan Ukuran Kartu Nama Agar Unik

Keunikan merupakan hal yang bagus pada setiap desain, karena dapat menjadi nilai berharga untuk kepopularitas saat sudah sukses. Intinya karena keunikan orang mudah mengingat. Apa lagi jika desain kartu nama anda ada beberapa keunikan yang terlihat. Bentuk tampilan kartu nama disarankan lansekap atau melebar, ada juga yang panjang seperti bentuk kertas atau vertikal pada umumnya.

Ukuran kartu nama yang baik adalah mengikuti pedoman di Indonesia agar sama dengan kartu nama orang-orang. Ini ukuran SNI kartu nama di Indonesia 9 x 5.5 cm atau 90 x 55 mm, jangan keluar dari itu. Namun anda juga bisa memakai standard international. Ingat patuhi pedoman maka anda akan terlihat profesional.

Loading...

5. Isikan Kontak Yang Bisa Dihubungi Secara Detail

Jangan isi kartu nama anda untuk nomor telepon atau e-mail yang jarang digunakan, persiapkan detail kontak yang memiliki jangka waktu lama. Karena ini sangat perlu bila anda serius dalam menjalankan bisnis anda. Kalau perlu siapkan nomor telepon cantik agar mudah diingat. Kontak di kartu nama meliputi nomor telepon dan whatsapp usahkan kedua nomor sama serta masukkan juga website anda.

Jika anda mau memasukkan kontak pendukung lain yang berguna bila memang ada orang yang anda percaya bila dihubungi. Ini berguna bila anda sibuk, maka bisa dihubungi ke orang lain yang dipercaya. Nah, itu saja untuk penjelasan hal-hal penting nomor lima, selanjtunya mari baca nomor enam.Ok!!

6. Perhatikan Posisi Desain Kartu Nama Unik

Posisikan tempat untuk meletakan informasi detail pada kartu nama. Dalam menentukan pilihan posisi yang tepat diperlukan mockup dari desain dengan posisi berbeda. Dengan begitu bisa memilih mana posisi yang tepat, tentu harus ada saran dari orang lain yang ahli. Kalau perlu siapkan sepuluh orang atau lebih untuk memilih yang paling bagus.

Dengan menyertakan posisi yang telah dipilih, maka akan membuat lebih professional. Karena terencana secara sistematis. Pilih posisi dengan warna kombinasi yang cocok untuk membuat kartu nama terlihat menakjubkan. Itu saran saya di nomor enam, lanjut nomor tujuh. Hehehheehhe!!!

7. Cek Kartu Nama Dengan Mockup

Mockup adalah tampilan yang berguna melihat desain kartu nama secara luas dengan tampilan nyata. Sangat begitu perlu sebuah mockup agar tidak sampai salah memilih desain kartu nama. Pada uraian diatas pilihlah yang simpel tapi jangan terlalu standard.

8. Bandingkan Kartu Nama Unik Lama dan Baru

Kartu nama lama sebaiknya harus menjadi pembanding anda bila berencana menentukan desain kartu nama baru. Karena kartu nama lama membuat anda tau apa kekurangan dari desainnya dan anda dapat menerapkan hal tersebut menjadi kelebihan di kartu nama baru nanti. Dengan sedikit atau menengah perubahan, desain akan terlihat bagus. Tetapi jangan banyak perubahan bila anda rasa kartu nama lama ada kelebihan unik yang membuat orang tertarik.

9. Buat Desain Kartu Nama Unik Modern

Sekarang zaman udah modern begitu pula kartu nama, sekarang ada kartu nama digital yang bisa discan. Tentu harus menggunakan QR Code. Mau itu digital atau kertas pasti membutuhkan desain, tapi desain yang lebih modern. Desain modern itu ada logo dan kalau bisa mendesainnya menggunakan bilangan fibonaci agar setiap sisinya sama.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel cara memilih desain kartu nama, tiba akhir dari artikel. Namun sebelum berakhir sudikan saya membuat kesimpulan. Kartu nama membuat daya tarik yang luar biasa, hampir setiap cabang bisnis menggunakan kartu nama. Kartu nama harus didesain sebaik mungkin, harus memperhatikan font, shape, ukuran, kertas dan masih banyak lagi.

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.