sebutkan cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa

Sebutkan Cara Menjaga Persatuan Dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa

Sebutkan Cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa adalah sesuatu yang tentu harus dimiliki oleh setiap warga Negara yang ada di Negara Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara dengan kepulauan terbesar dan merupakan Negara yang telah tersohor di berbagai belahan dunia. Indonesia juga terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki macam jenis kekayaan dari alam yang luar biasa baik kekayaan alam yang berawal dari darat maupun kekayaan yang berasal dari lautannya.

Sebutkan Cara Menjaga Persatuan Dalam Keanekaragaman Budaya dan Bangsa

Tidak hanya kekayaan alam, bumi pertiwi juga dianugerahi kekayaan berupa keanekaragaman suku dan budaya. Sehingga masyarakat di negeri ini sangat sangat majemuk dan plural. Meskipun memiliki budaya yang berbeda baik dari segi bahasa, suku, ras, hingga agama, namun persatuan tetap harus dijaga.

Hal ini sesuai dengan sebuah semboyan dari “Bhinneka Tunggal Ika” yang telah didengungkan dan dikumandangkan sejak ratusan tahun lalu di bumi Nusantara. Mengingat kemajemukan masyarakatnya yang sangat tinggi, tidak heran jika masyarakat menerapkan cara-cara berikut ini.

Menanamkan Sikap Saling Menghargai Sejak Dini

Sebutkan Cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa yang pertama yaitu dengan menanaman sikap saling menghargai sejak usia dini. Sikap saling menghargai bisa diperoleh dengan berbagai cara. Misalnya dari lingkungan keluarga di mana orang tua mengajarkan anak untuk menghargai saudara atau teman saat bermain bersama.

Selain itu, pendidikan karakter di sekolah juga berperan penting dalam menumbuhkan sikap ini. Sahabat Contohdesainer pastinya sudah tidak asing dengan istilah pendidikan karakter yang mulai diterapkan di sekolah-sekolah bahkan sejak jenjang Kelompok Bermain. Selain memberikan materi pelajaran, guru juga mempunyai tanggung jawab mendidik anak dalam menghargai orang lain.

Jika sikap ini sudah dipupuk sejak dini, seseorang tidak akan mudah memberikan cap buruk pada orang lain yang berbeda dengannya. Sehingga ia akan lebih menghormati serta menunjukkan respek jika menjumpai orang dengan budaya berbeda di kemudian hari. Jika semua warga memiliki sikap saling menghargai, persatuan akan tetap terjaga.

Memperluas Lingkaran Pertemanan

Sebutkan Cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa juga bisa dengan melalui sebuah lingkungan pertemanan. Sejak berada di bangku sekolah admin dan Sahabat Contohdesainer diajari untuk berteman dengan siapa saja tanpa dengan memandang suku, agama, ras, dan budaya. Pendidikan ini sangat tepat untuk menjaga keutuhan bangsa sehingga tidak terpecah belah antara kelompok satu dengan yang lain.

Loading...

Nah, untuk itu Sahabat Contohdesainer juga perlu memperluas pergaulan dengan mencari teman sebanyak-banyaknya yang berasal dari budaya berbeda. Selain menambah networking alias jaringan pertemanan, Sahabat Contohdesainer juga dapat mempelajari budaya lain selain kelompok Sahabat Contohdesainer sendiri. Hal ini selaras dengan pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

Pepatah itu mengajarkan bahwa saat Sahabat Contohdesainer tidak mengenal pribadi seseorang maka akan sulit menyayanginya. Begitu juga saat Sahabat Contohdesainer tidak memahami budaya lain, Sahabat Contohdesainer juga akan sulit bertenggang rasa. Semakin banyak bertemu dengan orang, Sahabat Contohdesainer akan lebih mengenal berbagai budaya bangsa sehingga bisa saling menghargai satu sama lain.

Baca juga: https://contohdesain.my.id/cara-memulai-bisnis-desain-grafis/

Tidak Menganggap Budaya Sendiri yang Paling Unggul

Sikap membanggakan diri sendiri adalah hal yang kurang baik. Apalagi jika disertai dengan menjelek-jelekkan pihak lain. Oleh karena itu sikap ini wajib dihindari oleh siapapun agar tidak memandang rendah budaya lain. Karena memandang rendah budaya lain akan berujung pada konflik sehingga dapat merusak persatuan bangsa.

Kesimpulan Sebutkan Cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa

Menjaga persatuan dalam keanekaragaman adalah sikap yang sesuai dengan sila ke 3 dalam Pancasila berbunyi “Persatuan Indonesia”. Hal ini juga dalam rangka untuk mengaplikasikan sebuah semboyan yang ada di “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan. Sebutkan Cara menjaga persatuan dalam keanekaragaman budaya dan bangsa di atas perlu dilakukan dan diterapkan untuk setiap warga.

Inti dari pembahasan adalah perlunya sifat saling percaya dan menghargai orang lain, karena admin dan Sahabat Contohdesainer tak luput dari salah dan hanya manusia biasa. Apalagi kita sebagai anak bangsa yang berakal sehat.

Sponsored : Berbisnis properti

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.