contoh flyer

Ukuran dan 100+ Contoh Flyer

Pengertian dan Contoh Flayer
Pengertian dan Contoh Flayer

Pemahaman dan Contoh Flyer

Flyer memiliki banyak ukuran termasuk ukuran internasional dan standard indonesia. Satu tujuan utama dalam memillih desain flyer adalah memanfaatkan sektor promosi. Dengan memilih contoh flyer yang bagus maka promosi yang dibuat akan semakin menarik minat. Saya akan bagikan contoh flyer setelah anda memahami apa itu flyer. Jangan lupa diakhir materi ada contoh flyer. Untuk rujukan silahkan kunjungi wikipedia.

Pengertian Flyer

Dalam dunia marketing, kertas yang berisikan informasi berupa promosi dengan desain menarik ini menjadi salah satu pengertian flyer. Flyer ini menjadi alat pemasaran untuk memasarkan suatu produk secara langsung ke calon konsumen.

Umumnya, flyer ini menggunakan kertas jenis HVS, art paper, ataupun art carton. Jenis ketiga kertas tersebut sangat cocok untuk dijadikan flyer. Sebab, kertas tersebut lebih murah, tidak mudah kusut, dan tidak mudah sobek.

Penggunaan flyer ini dirasa lebih efektif. Sebab, calon konsumen dapat membaca informasi promosi secara lengkap. Oleh sebab itu, Anda wajib membuat desain flyer yang menarik dan unik. Sehingga, membuat calon konsumen tertarik untuk membaca dan membeli produk yang Anda pasarkan melalui flyer.

Pengertian Flyer Menurut Ahli

Flyer atau pamflet adalah suatu iklan konvensional yang memanfaatkan kertas sebagai medianya. Umumnya, penggunaan flyer ini digunakan untuk menginformasikan suatu produk dan jasa dari perusahaan tertentu, sebagai media informasi event ataupun acara penting, hingga media promosi produk dan jasa.

Sesuai dengan pengertiannya, iklan yang termuat dalam kertas ini dipilih sebagai media iklan konvensional. Flyer ini sering digunakan oleh perusahaan atau event organizer. Sebab, penggunaan flyer ini dirasa lebih efektif, efisien, hemat biaya, dan sangat mudah untuk disebarkan kepada calon konsumen. Sehingga, banyak perusahaan dan event organizer menggunakan flyer.

Fungsi Penggunaan Flyer Untuk Informasi Event dan Pemasaran Produk

Setelah membahas tentang pengertian flyer, maka kini kami ajak Anda untuk membahas tentang fungsi dari penggunaan flyer. Umumnya, flyer ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai event-event tertentu.

Selain itu, penggunaan flyer juga digunakan oleh sales perusahaan sebagai alat pendukung untuk memasarkan produk. Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa fungsi dari penggunaan flyer. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Sebagai Media Promosi Produk dan Jasa

Rata-rata, perusahaan akan menyediakan flyer untuk calon konsumen. Flyer ini digunakan sebagai “alat pendukung” untuk memberikan informasi produk dan jasa dari perusahaan tersebut. Sehingga, para calon konsumen dapat mengerti dan mengetahui informasi terkait deskripsi produk dan jasa dari perusahaan tersebut.

  • Media Informasi Untuk Event Atau Acara Penting

Flyer juga digunakan sebagai media penyebaran informasi penting adanya event atau acara penting, seperti konser musik, seminar internasional, pameran, dan acara penting lainnya.

  • Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Produk dan Jasa

Apabila Anda baru terjun di dunia bisnis. Sesuai dengan pengertian flyer, maka Anda dapat menggunakan flyer sebagai media untuk memperkenalkan produk dan jasa yang sedang Anda jalankan. Sebab, flyer ini cukup mudah penyebarannya. Sehingga, dapat menjangkau seluruh calon konsumen.

Dari menggunakan flyer ini, bisa jadi usaha yang tengah Anda rintis dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan produk dan jasa yang sedang Anda tekuni.

Ciri-Ciri Flyer Atau Pamflet

Memang, flyer atau pamflet ini menjadi salah satu media untuk promosi dan penyebaran informasi dari suatu perusahaan maupun event organizer. Akan tetapi, ada beberapa media lain yang memiliki fungsi sama dengan flyer. Untuk membedakannya, Anda perlu tahu ciri dari flyer atau pamflet sesuai dengan pengertian flyer dan fungsinya. Yakni :

  • Memiliki Ukuran Maksimal A5

Rata-rata, ukuran flyer atau pamflet ini tidak cukup besar. Ukuran kertas flyer ini biasanya berukuran A5 (148 x 210 mm).

  • Berwarna Atau Hitam Putih

Umumnya, informasi yang termuat pada flyer ini menggunakan tinta berwarna ataupun hitam putih. Menurut pengertian flyer, agar informasi lebih mudah diserap oleh pembaca, maka Anda lebih disarankan untuk menggunakan flyer berwarna dibandingkan dengan flyer hitam putih. Hanya saja, biaya pembuatan flyer berwarna ini lebih mahal dibandingkan dengan flyer hitam putih.

  • Dapat Dicetak Pada Kedua Sisi

Memang, penggunaan flyer ini lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan media promosi lainnya. Sebab, flyer atau pamflet ini dapat dicetak pada kedua sisinya. Sehingga, pembaca dapat membaca informasi yang disajikan oleh flyer secara lengkap.

Loading...

Baca juga : Contoh Name Tag

Tips-Tips Menentukan Desain Flyer Agar Menarik Dilihat Pembaca

Agar flyer yang Anda sebarkan ini dapat mempersuasif pembaca, maka Anda perlu menggunakan desain flyer yang unik, menarik, dan menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak, menginformasikan, serta memperkenalkan suatu produk, jasa, maupun event atau acara penting.

Sehingga, pembaca tertarik untuk membeli produk atau jasa serta menghadiri acara yang sedang Anda selenggarakan. Apabila desain flyer kurang menarik, maka pembaca tidak akan tertarik untuk mengetahui isi dari flyer tersebut. Bahkan, flyer yang Anda berikan kepada pembaca akan dibuang.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tips menentukan desain flyer sesuai dengan fungsi dan pengertian flyer. Agar pembaca tertarik dengan flyer yang Anda buat. Pastikan terlebih dahulu pemilihan struktur kata pada judul flyer. Buatlah judul yang menarik dan membuat pembaca penasaran.

Anda dapat memilih warna yang mencolok pada bagian judul flyer. Sebab, hal tersebut membuat pembaca tertarik untuk membaca judul flyer. Kemudian, pilih gambar pendukung untuk mengilustrasikan produk, jasa, maupun event guna memudahkan pembaca. Dengan adanya gambar pendukung, maka pembaca dapat membayangkan informasi yang termuat pada flyer.

Lalu, pilih penggunaan tata bahasa yang sesuai dengan target pembaca. Apabila Anda menargetkan para remaja, maka gunakan bahasa semi formal agar pembaca lebih mudah memahami maksud dan tujuan dari isi contoh flyer. Sebab, banyak perusahaan atau event organizer ini melakukan kesalahan dalam penggunaan struktur dan tata bahasa dalam pembuatan flyer.

Baca juga: Contoh Kartu Nama

Font Merupakan Bagian Penting pada Flyer agar Terlihat Menarik

Jangan lupa pilih font untuk penulisan huruf pada flyer. Sesuai dengan pengertian flyer, maka gunakan font yang unik dan menarik. Agar pembaca lebih tertarik untuk mengetahui isi dari flyer yang Anda buat. Pastikan Anda tidak menggunakan font yang menyulitkan seseorang untuk membaca flyer.

Jangan lupa, pilih jenis dan ukuran flyer. Anda dapat menggunakan jenis kertas flyer dari kertas HVS, kertas art paper, ataupun art carton. Ketiga jenis kertas ini biasanya digunakan dalam pembuatan flyer. Ketiga jenis kertas ini tidak mudah rusak, sobek, dan mudah untuk proses pencetakannya.

Kemudian, desain flyer menggunakan aplikasi tertentu. Pilih jenis desain flyer yang menarik agar pembaca semakin penasaran dengan isi flyer yang Anda buat. Agar sesuai dengan pengertian flyer dan fungsinya, silahkan tulis isi flyer semenarik mungkin agar pembaca dapat tertarik dengan produk maupun event yang Anda selenggarakan.

Apabila flyer telah selesai didesain dan dicetak. Kemudian, sebarkan flyer secara masif sesuai dengan target pangsa pasar produk dan jasa yang Anda rintis. Selain menggunakan flyer. Anda dapat menggunakan jenis iklan kertas lainnya, seperti brosur sebagai “media pendukung” agar contoh flyer yang Anda sebar dapat membuahkan hasil positif.

Flyer digunakan sebagai media penyampai informasi suatu event atau acara penting. Agar flyer yang Anda buat ini mendapat respon positif dari pembaca, maka dari itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui pengertian flyer, fungsi, ciri, dan tips desain contoh flyer terbaru. Simak contoh – contoh flyer yang dibagikan dibawah.

Contoh Flyer #1

contoh flyer

Contoh flyer makanan memiliki latar belakang putih serta kuning. Foto makanan berada di tengah contoh flyer. Terlihat desain flyer sangat pas dengan latar belakang tersebut.

Jenis font pun bagus tampak jelas dengan warna hitam yang menjadi ikoniknya. Warna latar belakang bisa disesuaika dengan kebutuhan.

Contoh flyer #2..#3..#4…..#100 dalam pendesainan

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.