pengertian brosur
contoh brosur simple

100+ Contoh Brosur Simple Sederhana Menarik

Mari lihat contoh brosur simple
Mari lihat contoh brosur simple

Sebelum menampilkan contoh brosur simple simak dahulu teori dari brosur

Siapa yang tidak tau brosur yang selalu membantu sesorang ataupun perusahaan agar promosi yang dibuat dapat tersalurkan ke calon customer. Contoh brosur simple yang kami bagikan adalah brosur yang sering dipakai pada situs-situs besar dan bisa dipakai buat siapa saja. Mari simak pembahasan brosur dan bila butuh rujukan silahkan kunjungi wikipedia.

Pengertian Brosur

Menurut ahli, pengertian brosur adalah suatu alat publikasi singkat yang menggunakan kertas sebagai medianya. Brosur ini berisikan tentang desain tulisan bergambar yang bersifat informatif maupun persuasif. Sehingga, pembaca dapat mengerti dan mengetahui makna dari brosur yang Anda buat.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengerti tentang fungsi, kelebihan, kekurangan, serta tips bagaimana membuat desain brosur yang menarik untuk dibaca. Akan tetapi, banyak brosur-brosur yang kurang menarik minat pembaca sehingga pembaca tidak mendapatkan informasi yang terkandung dalam brosur.

Alhasil, brosur yang Anda sebar pun akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil maksimal untuk kegiatan promosi produk, jasa, maupun event tertentu. Oleh karena itu, sebelum menentukan akan membuat brosur, sebaiknya pahami beberapa uraian di bawah ini.

Pengertian Brosur Menurut Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), brosur adalah  suatu informasi yang tersusun secara struktural dan dicetak menggunakan bahan kertas untuk disebarluaskan kepada khalayak luas. Sedangkan, menurut Hampton (2013:1) ini menyatakan bahwa brosur adalah sepotong kertas yang berisikan materi informatif dan persuasif.

Umumnya, lembaran kertas tersebut berukuran sekitar 8,5 inch x 11 inch atau 8.5 inch x 14 inch. Brosur ini terkadang dilipat sebanyak tiga kali atau dibiarkan tanpa lipatan. Biasanya, brosur ini pun juga ditempel pada tempat-tempat tertentu yang mudah dilihat atau dibaca seseorang.

Selain pengertian brosur simak juga fungsinya

Menurut para ahli, ada beberapa fungsi brosur yang menjadi “senjata ampuh” bagi para pengusaha maupun event organize. Umumnya, fungsi brosur ini adalah memasarkan serta menginformasikan produk, jasa, maupun event penting. Sesuai dengan pengertian brosur, ada beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Media Informatif

Brosur ini dapat dijadikan sebagai media informatif. Dibandingkan dengan flyer, brosur ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan flyer. Jadi, bagi Anda perusahaan maupun event organizer yang ingin menyampaikan pesan melalui konsumen secara langsung, Anda dapat memilih brosur sebagai medianya.

  • Media Iklan Langsung

Selain itu, brosur juga dapat dijadikan sebagai media beriklan. Beriklan menggunakan brosur ini dinilai tepat sebab brosur ini dicetak lebih berwarna dan desain-desain yang disajikan pun lebih menarik. Sehingga, pembaca pun lebih tertarik dengan brosur dibandingkan dengan flyer maupun pamflet yang dibuat lebih sederhana.

Jenis-Jenis Brosur yang Perlu Anda Ketahui

Menurut pengertian brosur dari para ahli, ada beberapa jenis-jenis brosur yang perlu Anda ketahui. Sebab, lain jenis maka lain pula kegunaannya. Sehingga, Anda perlu tahu apa saja jenis brosur yang dapat Anda gunakan untuk keperluan maupun kebutuhan Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Brosur Full Warna

Umumnya, brosur full warna ini digunakan sebagai media promosi produk maupun jasa. Rata-rata, brosur full warna ini digunakan untuk promosi nama sekolah, promosi lembaga bimbingan belajar, dan sejenisnya. Untuk harga cetak brosur full warna ini tidaklah murah.

Harga cetak 1 brosur full warna ini dua kali lipat dari harga cetak brosur hitam putih. Maka, kalkulasikan terlebih dahulu biaya mencetak brosur full warna dengan target calon konsumen. Jadi, pilih target calon konsumen potensial saja yang Anda beri brosur full warna. Agar, risiko kerugian mencetak brosur ini tidak terlalu besar.

  • Brosur Hitam Putih

Menurut pengertian brosur dari para ahli, brosur hitam putih ini lebih cocok untuk perusahaan atau event organizer yang terkendala biaya dalam menyampaikan informasi dan promosi. Harga brosur hitam putih ini cukup murah. Rata-rata, harga cetak brosur hitam putih ini separuh harga dari brosur full warna.

Selain itu, brosur hitam putih ini juga berpotensi untuk menarik minat calon konsumen. Hanya saja, brosur hitam putih ini kurang menarik minat konsumen untuk membaca serta mengetahui isi informasi dalam brosur.

Alhasil, informasi dari brosur hitam putih ini tidak tersampaikan pada konsumen. Jadi, potensi untuk pembaca tertarik dengan isi brosur lebih kecil dibandingkan dengan pembaca brosur full warna.

  • Brosur Dua Sisi

Bagi Anda yang ingin membuat brosur eksklusif maka Anda dapat menggunakan jenis brosur dua sisi. Menurut pengertian brosur dari para ahli, brosur dua sisi ini ditujukan untuk pemasaran produk eksklusif.

Salah satunya adalah pemasaran apartemen, perumahan, maupun penawaran saham. Selain itu, brosur dua sisi ini dicetak menggunakan kertas karton tebal. Sehingga, harga dari cetak brosur dua sisi ini 2 kali lipat dari harga cetak brosur full warna.

Faktor Penyebab Kegagalan Penyampaian Informasi pada Brosur

Ada beberapa faktor penyebab kegagalan penyampaian informasi pada brosur. Seperti  ketidaktertarikan pembaca terkait desain brosur yang Anda buat. Sesuai dengan pengertian brosur dan fungsinya. Beriklan atau memberikan informasi melalui brosur ini tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Contoh name tag terbaik

Loading...

Umumnya, pembaca kurang tertarik dengan brosur yang Anda buat. Sebab, dari tampilan desain dan juga isi brosur ini kurang informatif dan tidak mempersuasif pembaca. Sehingga, brosur yang Anda bagikan pun tidak akan dibaca oleh pembaca.

Jadi, pembuatan brosur ini akan berakhir sia-sia karena tidak ada respons positif dari pembaca. Selain itu, perhatikan pula pemilihan kertas untuk brosur. Banyak pembaca yang kurang suka dengan kertas brosur jenis HVS.

Sebab, kertas HVS ini sangat tipis dan mudah sobek. Untuk itu, perhatikan pula selera pembaca brosur agar mereka mau membaca isi brosur yang Anda buat. Setelah itu, pembaca akan mengetahui maksud dari informasi pada brosur. Sehingga, brosur yang Anda cetak mendapatkan respon positif dari para pembaca. Dan kami akan menyajikan contoh brosur simple untuk anda.

Tips Memilih Desain dan Isi Brosur yang Menarik Minat Pembaca

Anda perlu menggunakan desain yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca brosur yang Anda sebar secara langsung sesuai dengan pengertian brosur itu sendiri. Usahakan, Anda menggunakan kalimat-kalimat ajakan atau mempersuasif.

Agar pembaca mau menggunakan produk berupa barang atau jasa yang Anda jual. Selain itu, penggunaan brosur yang menarik ini juga dapat mempersuasif pembaca untuk ikut meramaikan event yang Anda selenggarakan.

Untuk itu, Anda dapat mengaplikasikan beberapa tips dalam pembuatan brosur agar menarik pembaca. Pertama, pilih tema brosur terlebih dahulu. Sesuaikan tema pembuatan dengan tujuan Anda membuat brosur tersebut. Kemudian, gunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal tersebut sesuai dengan kaidah pengertian brosur dan fungsinya.

Selain itu, gunakan kata-kata yang bersifat informatif dan persuasif. Agar pembaca dapat memahami serta tertarik dengan informasi yang Anda sajikan. Anda dapat menyertakan berbagai kelebihan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Lalu, Anda juga dapat menjelaskan keuntungan mengikuti acara atau event yang Anda selenggarakan. Sehingga, pembaca tersebut dikategorikan sebagai pembaca yang berpotensi sebagai konsumen produk, jasa, maupun event yang Anda selenggarakan.

Pengertian brosur merupakan iklan kertas konvensional yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk atau jasa. Selain itu, brosur juga digunakan untuk media penyampai informasi event atau acara penting secara missal. Biaya cetak brosur ini tergantung dengan jenisnya.

Apabila Anda mencetak brosur full warna maka harga cetaknya ini sekitar setengah harga dari cetak brosur hitam putih. Apabila Anda mencetak brosur hitam putih. Maka, harga cetaknya lebih murah dibandingkan dengan cetak brosur full warna.

Bila Anda mencetak brosur full warna dua sisi. Maka, harga cetaknya pun dua kali lipat dari harga cetak brosur full warna. Untuk itu, sebelum mencetak brosur untuk promosi dan informasi, ketahui terlebih dahulu apa itu pengertian brosur beserta fungsinya.

Contoh brosur simple #1

contoh brosur simple

Setelah mengetahui pengertian brosur dan kiat-kiat agar sukses dalam berpromosi dengan brosur. Maka tibalah penyajian contoh-contoh brosur.

Gambar yang terdapat pada brosur itu adalah illustrasi, anda juga bisa memilih atau membuat brosur sesuai dengan gambar yang anda miliki. Terlihat sangat bersih antara elemen satu dengan elemen lain. Memang warna putih menjadi dasar pembuatan segala hal termasuk desain brosur.

Contoh brosur simple #2

contoh brosur simple

Brosur yang kali ini sangat simple biasanya untuk orang atau perusahaan membuat brosur seminar. Ada banyak tema yang bisa menjadi tujuannya.

Dengan latar belakang putih membuat contoh brosur simple ini dapat diandalkan. Anda hanya butuh memahami pemilihan dan pencocokan warna.

Contoh brosur simple #3

contoh brosur simple

Warna biru menjadi warna utama atau primer dalam pembuatan brosur, jika anda belum membaca pengertian brosur. Disarankan membacanya pada halaman atas atau lihat daftar isi.

Ada tiga foto yang saya letakan pada brosur karena bertujuan sebagai profil pada acara seminar. Karena web contohdesain.my.id adalah tema desain maka seminarnya pun tentang contoh desain grafis.

Lihat contoh desain kartu nama ku untuk mengenal lebih tentang saya karena disitu terdapat info yang jelas. Saya tidak ketinggalan menyediakan barcode di brosur ini.

Contoh brosur simple #4 #5 #6…. #100 Segera hadir masih tahap pendesainan