navigasi website

Mengenal Fungsi Navigasi Website dan 4 Tips agar Lebih Efektif

Keefektivn navigasi sebuah website
Keefektivn navigasi sebuah website

Contohdesain.my.id – Membuat navigasi website bukan sekedar menyediakan petunjuk untuk menjelajah semua isi web secara keseluruhan. Karena bisa jadi pembaca tidak tertarik dengan semua informasi namun hanya untuk mencari informasi tertentu. Jadi jangan membuat petunjuk yang terlalu rumit atau bahkan tidak efektif sehingga menurunkan daya tarik pembaca. Untuk penjelasan mengenai navigasi website lihat Wikipedia.

Navigasi Website

navigasi website
Navigasi Website

Sebagian besar desainer web tidak mempertimbangkan efektif tidaknya penggunaan navigasinya yang sudah disediakan. Terlalu banyak tambahan elemen tidak penting membuat informasi yang ada justru terlalu berlebihan. Karena bukan seberapa banyak petunjuk yang disediakan namun efektif tidaknya untuk digunakan pembaca sehingga dapat meningkatkan traffic.

Sebelum kamu memutuskan membuat web dan mendesainnya sendiri tidak ada salahnya mempelajari lebih mendalam. Terutama tentang navigasi yang memiliki fungsi penting terhadap daya tarik pembaca pada web kamu. Gunakan juga beberapa tips di bawah ini agar lebih efektif, serta maksimal fungsinya sebagai petunjuk pada web.

Baca Juga: Simak beberapa elemen penting website

Mengenal Apa itu Navigasi dan Fungsi Penting pada Website

Banyaknya elemen penting dalam desain web tidak boleh ada satupun yang dilewatkan termasuk navigasi website. Masing-masing elemen tersebut memiliki fungsi penting sehingga kamu harus mengenalnya dengan lebih mendalam. Termasuk memahami tentang navigasi beserta fungsinya yang benar-benar dibutuhkan pembaca saat menjelajah website kamu.

Apa itu navigasi di website?

Istilah navigasi sudah sangat populer di kalangan para pembuat web karena fungsi pentingnya sangat dibutuhkan. Website ibarat sebuah kota dengan banyak tempat menarik, berbagai pasar dan lainnya menjadi satu. Untuk menuju ke suatu tujuan di kota tersebut maka harus menggunakan petunjuk agar lebih cepat sampainya.

Bayangkan kamu tidak mengenal kota itu namun harus mencari 1 tempat yang tidak tahu letaknya pasti ada dimana. Begitupun dalam web kamu butuh 1 informasi, jika mencari secara acak sangatlah sulit menemukannya. Maka navigasi sangat dibutuhkan karena kecepatan menemukan informasi sangat disukai para pengunjung web.

Fungsi penting navigasi

Fungsi utamanya adalah memberikan petunjuk serta memandu pengunjung mendapatkan informasi melalui kategori. Tidak harus bersusah payah dan membuang waktu kamu berkat adanya navigasi website. Agar fungsinya bisa bekerja maksimal maka pada saat membuat desainnya harus berbeda, menonjol, mudah ditemukan dan mudah juga digunakan.

Baca Juga: Mendesain sebuah website, begini alurnya

Tips Membuat Navigasi yang Baik dan Efektif pada Desain Website

Navigasi website
Navigasi website

Desainer website profesional memperhatikan sedetail mungkin navigasi web agar efektif digunakan. Sayangnya masih banyak web yang tidak ramah untuk pembaca karena navigasinya sulit digunakan dan membingungkan. Jika kamu tidak mau kehilangan pengunjung sebaiknya ketahui beberapa tips di bawah ini agar pembuatan navigasinya sangat tepat.

Harus memudahkan pengguna

Perlu diketahui navigasi website haruslah memudahkan pengguna dan juga teknologi khususnya pada mesin pencari. Maka pada saat proses mendesain web sebaiknya lakukan uji coba navigasinya apakah sangat membantu atau tidak. Jika Kamu sendiri merasa kurang puas maka bisa lakukan beberapa perubahan sampai benar-benar memudahkan pengguna.

Baca Juga: Peran desain web bagi perusahaan

Terletak di bagian mudah ditemukan

Sebagai petunjuk arah pada desain web maka disarankan letaknya harus pada bagian yang sangat mudah ditemukan atau terlihat menonjol. Kamu dapat meletakkan di bagian utama dengan menggunakan font dan background lebih mencolok. Pembaca tidak akan suka membuang waktunya hanya untuk mencari dimana letak tombol navigasinya.

Mudah dibaca dan tidak membingungkan

Menempatkan pilihan navigasi janganlah berlebihan informasinya sehingga lebih mudah dibaca, dipahami dan tidak membingungkan. Jika pilihannya terlalu banyak bukan menjadi menarik malah membuat bingung. Maka pengelompokan sangat penting dalam pembuatan petunjuk website dari bagian umum ke khusus agar informasinya dapat dicerna dengan lebih mudah.

Setiap menu posisinya logis

Kalau kamu menggunakan menu vertikal maka setiap menu posisinya harus logis dan diurutkan berdasarkan kategori. Misal informasi tentang tempat hiburan harus dikelompokkan menjadi satu jangan dicampur dengan informasi lain. Buat pengelompokan logis dan urutkan juga berdasarkan abjad agar pembaca lebih mudah menemukan informasi yang dicari.

Baca Juga: Keuntungan memiliki ilmu desain grafis

Kesimpulan

Fungsi utama navigasi adalah memudahkan pembaca menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan dalam web. Dapat dikatakan juga sebagai petunjuk arah yang memudahkan serta mempercepat penemuan informasi sesuai kebutuhan. Maka dalam pembuatan navigasi website tidak boleh sembarangan dan harus benar-benar dipertimbangkan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.