macam jurusan desain

Mengenal Berbagai Macam Jurusan Desain, Sahabat Contohdesainer Pilih yang Mana?

ContohdesainMacam jurusan Desain, Sebagai calon mahasiswa tentu saja terkadang Sahabat Contohdesainer bingung atas berbagai macam jurusan desain yang bisa dipilih. Apalagi jurusan atau fakultas ini adalah bidang ilmu multidisiplin yang menggabungkan beragam aspek dan nantinya saat Sahabat Contohdesainer memasuki jurusan tersebut, tidak hanya tentang menggambar saja.

Nantinya Sahabat Contohdesainer juga akan belajar mengenai bagaimana cara membuat sebuah karya di media yang tepat dan menyampaikan pesan-pesan secara efektif melalui cara yang berbeda yaitu cara visual. Jika passion Sahabat Contohdesainer memang sudah terlihat misalnya Sahabat Contohdesainer suka menggambar maka kuliah jurusan desain bisa menjadi langkah awal mencapai cita-cita sesuai dengan hobi.

Sebagai calon mahasiswa, masih kebingungan untuk memilih jurusan sudah sering terjadi apalagi jurusan ini juga memiliki banyak macam. Tentu saja pertama-tama Sahabat Contohdesainer perlu mengetahui apa saja macam jurusan desain agar Sahabat Contohdesainer bisa memilih salah satunya yang disesuaikan dengan passion.

Desain Grafis dan DKV

Jurusan yang satu ini adalah bidang ilmu yang mempelajari desain di mana hal tersebut berkaitan dengan dunia grafis seperti skema, ilustrator dan lain-lain. Tools yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah desain grafis adalah Adobe Photoshop, Corel draw, quark Xpress dan lain-lain.

Desainer grafis saat ini sangat dibutuhkan bahkan hampir semua perusahaan menggunakan jasa desainer grafis. Bahkan dengan mengambil jurusan ini Sahabat Contohdesainer bisa menjadi seorang komikus mulai dari komikus media massa hingga media online seperti website populer saat ini yaitu Webtoon.

Jurusan Periklanan

Tentu saja Sahabat Contohdesainer sudah mengetahui apa fungsi iklan dan hampir semua perusahaan atau bisnis kecil menengah hingga bisnis besar akan membutuhkannya. Iklan digunakan untuk mempromosikan sebuah produk melalui media cetak, televisi hingga media online atau internet.

Prospek kerja jika Sahabat Contohdesainer memilih jurusan periklanan adalah sebagai manajer promosi dan periklanan, spesialis hubungan masyarakat dan analisis media. Bahkan jika Sahabat Contohdesainer memiliki bisnis sendiri maka jurusan periklanan bisa membantu Sahabat Contohdesainer mempromosikan sebuah produk yang dimiliki dengan sangat baik.

Jurusan Teknologi Games

Teknologi games juga masuk pada macam jurusan desain di mana untuk Sahabat Contohdesainer yang sangat suka berkecimpung di dunia games maka Sahabat Contohdesainer bisa mengembangkan dan memperdalam bakat Sahabat Contohdesainer dengan mengambil jurusan ini. Mata kuliah yang diajarkan mulai dari engine game game, sistem game, algoritma dan lain-lain.

Jadi untuk Sahabat Contohdesainer yang menggilai sebuah game maka Sahabat Contohdesainer sebenarnya bisa membuatnya sendiri dengan ide-ide kreatif dan didukung dengan pilihan jurusan yang tepat. Sebagai penggila game tentu saja Sahabat Contohdesainer tahu bagaimana prospek kedepannya karena game sudah pasti memiliki banyak peminat.

Jurusan dalam Bidang Arsitek

Arsitek juga merupakan salah satu jurusan bidang ilmu desain dengan bekerja merencanakan untuk bentuk bangunan dan menggambar desain bangunannya. Jadi arsitektur akan mencakup desain dari total pembangunan dari tingkat makro yaitu perencanaan kota hingga mikro yaitu desain bangunan dan produk.

Nantinya Sahabat Contohdesainer akan diajarkan tiga aspek penting dalam arsitektur seperti kekuatan atau konstruksi, utilitas atau kegunaan dan fungsi, venustas yaitu keindahan atau estetika. Jadi sebagai arsitektur maka Sahabat Contohdesainer harus memikirkan aspek tersebut dan tentu saja prospek kerjanya juga sangat baik karena arsitek selalu dibutuhkan.

Desain Interior dan Eksterior

Macam jurusan desain berikutnya adalah desain interior dan eksterior di mana setiap bangunan tentu saja akan membutuhkan sebuah desain baik untuk interior maupun eksterior. Untuk interior tentu saja Sahabat Contohdesainer perlu memiliki sebuah imajinasi yang tinggi terhadap layout agar cocok untuk setiap ruangan.

Sahabat Contohdesainer juga perlu memikirkan sebuah layout yang cocok untuk warna dan aksesoris dan biasanya jurusan ini masuk dalam fakultas seni rupa. Jadi keindahan bangunan tidak hanya dilihat dari arsitektur saja atau penampakan luarnya karena juga perlu eksterior dan interior yang diperhatikan.

Baca juga: https://contohdesain.my.id/melirik-kuliah-desain-grafis

Jurusan-jurusan desain di atas biasanya sering dijadikan sebagai pilihan saat memutuskan untuk berada pada fakultas desain. Sebenarnya ada pula jurusan lainnya seperti desain produk yang pekerjaannya berhubungan dan fokus dalam mendesain kemasan produk agar lebih kreatif dan menarik.

Lalu ada juga fashion design yang juga merupakan jurusan desain di mana Sahabat Contohdesainer perlu jago mendesain sebuah fashion hingga terjun ke dunia internasional. Semua bisa dipilih sesuai dengan minat dan untuk referensi mengenai desain lebih lanjut Sahabat Contohdesainer bisa melihat artikel lain di situs ini agar bisa memilih macam jurusan desain dengan tepat.