Membuat 2 Kartun Dari Sketsa Gambar Kartun

Sketsa gambar kartun

Pendahuluan Pembuatan Sketsa Gambar Kartun

Assalamualaikum, ketemu lagi dengan contoh desain. Dengan membuat gambar dari sebuah sketsa menjadi kartun melalui bantuan aplikasi menggambar yaitu Adobe Illustrator, maka hadirlah tutorial ini. Sebelum menggambar, saya akan menjelaskan apa itu kartun. Kartun adalah sebuah gambar yang digambar dengan bantuan pulpen pada kertas dan di zaman digital ini, kartun bisa digambar dengan komputer.

Tentu suatu kemajuan yang pesat tidak sampai satu abad. Untuk lebih jelas mengenai kartun dan sejarahnya mari simak Wikipedia. Setelah mengetahui teori kartun, mari kita menggambar. Saya sediakan gambar di artikel ini, anda hanya perlu screenshoot-nya atau klik kanan pada gambar, buka di tab baru dan save. Banyak aplikasi untuk menggambar kartun tetapi yang saya sarankan adalah adobe illustrator. Karena apa ? itu karena illustrator merupakan aplikasi yang paling bagus diluar Indonesia.

Sketsa Gambar Kartun Melalui Sketsa Kertas

sketsa gambar kartun

Buka dokumen baru pada illustrator, tidak perlu saya jelaskan bagaimana membuka dokumen baru pada aplikasi tersebut. Kalau tidak klik kanan pada gambar pilih buka dan memilih adobe illustrator. setelah itu ubah ukuran canvas dengan menekan SHIFT+O maka ubah ukurannya.

Sketsa Gambar Orang Menjadi Kartun Untuk Membuat Telinga

sketsa kepala

Gambar bagian telinga lebih dulu untuk menjadi acuan sebelum menggambar wajah, mata serta hidung dan mulut. Telinga menggunakan oval agar lebih bekerja sesuai harapan. Pergunakan juga pen tool agar dapat menentukan alur wajah. Ingat buat dulu sketsa dari penggabungan telinga dan line art dari penggunaan pen tool sebelum digabungkan seleksinya. Lihat Gambar disamping:

Baca Juga : Mengenal macam jurusan desain

bandicam 2020 06 24 16 36 37 240

Nah, seperti ini tampilan wajah dari kartun yang kita buat agar seperti gambar disamping, seleksi semua line art yang dibuat tadi. Tekan SHIFT + M untuk memilih pola seperti gambar, setelah pola terbentuk hapus line art yang tidak berguna hasil dari fitur shape builder tool.

bandicam 2020 06 24 17 36 40 544

Sama seperti langkah sebelumnya, gambarkan line art dengan pen tool dan bulatan pertama dan bulatan kedua melalui klik kanan transform >> Scale buat 110% dari bulatan pertama dan duplikat mereka sehingga tampak tampilan seperti gambar.

jangan lupa baca: inovasi id card

bandicam 2020 06 24 17 46 16 729

Melalui gambar diatas yang anda gambarkan, seleksi mereka dengan menggunakan fungsi shift + m dan buat seperti gambar. Hapuskan line art yang tidak diperlukan, caranya pilih dan tekan delete itu akan membuat bentuk sesuai gambar.

Gambar Rambut Menjadi Sketsa

bandicam 2020 06 24 18 10 36 389

Kali ini, buat rambut memakai pen tool. Hati-hati menggambarnya bila kurang bagus kembali lagi ulangi beberapa kali. Sehingga mendapat line art yang bagus menurut anda. Minimal seperti gambar disamping. Ini masih line saja, bila ingin mewarnai latihan coloring terlebih dahulu.

Menggambar Mata Kanan Dan Kiri

bandicam 2020 06 24 18 19 35 678

Buat mata dengan mengikuti gambar disamping, sebelum mendapatkan mata yang diinginkan. Kenapa dibuat seperti itu? karena ingin mendapatkan sisi-sisi agar sama satu sama lain. Sketsa gambar kartun saya sembunyikan agar dapat melihat tampilan wajah kartun secara utuh.

bandicam 2020 06 24 18 26 42 679

Pilih semua bagian mata yang belum jadi tadi dan seleksi menggunakan shift + m untuk mengambil serta memilih seleksi seperti yang diinginkan. Lalu setelah jadi mata bagian kanan yang diseleksi sempurna, duplikat dia dan flip-kan ke kiri agar mata jadi dua kanan dan kiri.

bandicam 2020 06 24 18 47 22 040

Lakukan menambah bola pada mata agar terlihat menjadi kartun. Pakai oval tool dengan menekan shift + alt agar menjadi bulatan yang sempurna. Untuk warna adalah #494949, #5B5A5A, #828282, #FFFFFF mulai dari bulatan besar ke bulatan terkecil. #FFFFFF adalah warna putih, anda bisa memasukkan kode warna-warna tersebut di color picker. Implementasikan pada kedua bola mata sesuai warna dari besar ke kecil.

Menggambar Hidung Kartun

bandicam 2020 06 24 19 28 24 501

Menggambar hidung memang sulit, karena ada lengkungan di hidup. Supaya cantik dalam menggambar hidup, maka perlu latihan sesering mungkin untuk menambah produktivitas menggambar. Lihat Seperti gambar hidung disamping.

Menggambar Mulut Sketsa Gambar Kartun

bandicam 2020 06 24 19 45 22 433

Hampir Jadi menggambar wajah sketsa kartun yang bisa anda buat dan warnain sendiri. Buat mulut seperti yang sudah saya gambar menggunakan pen tool, usahakan mirip ataupun lebih bagus lagi. Pada artikel ini menggambar kartun menggunakan sketsa kertas yang saya gambar sendiri. Selanjutnya menggambar bagian badan dan kaki. Sketsa gambar orang

bandicam 2020 06 24 20 31 01 824

Buat leher dan badan dari sketsa kartun agar terlihat natural dan bagus. Mulai dengan memilih pen tool pada perangkat adobe illustrator anda. Gunakan tool itu dengan sebaik mungkin dan melatih anda agar dapat lebih terbiasa menggunakannya. Bila ada line art yang kurang bagus anda bisa meluruskan garis tersebut dengan memakai smooth tool.

Sketsa Kartun

Tambahkan badan bagian bawah hingga kaki untuk menjadi kartun yang utuh. Dengan memakai pen tool buat bentuk, lika-liku dan celana mirip seperti sketsa awal di kertas sketsa gambar kartun. Untuk sepatu saya masih kurang begitu mengerti bila hanya membayangkan. Lain hal jika mendownload sepatu dan menggambarkannya ulang, itu saya bisa. Saya sertakan logo contoh desain di bajunya.

Kesimpulan Menggambar Sketsa Gambar Kartun

Inti dari menggambar kartun adalah melukis melalui kertas dan diimplementasikan pada illustrator menggunakan pen tool, eclipse tool dan smooth tool. Menggambar sketsa diatas belum berakhir sebenarnya masih ada bagian mewarnai. Karena keterbatasan waktu dan kerja lain, saya tidak dapat menyelesaikan. Pada inti artikel ini hanya menggambar sketsa bukan sampai tahap pewarnaan. Jangan lupa lihat kumpulan CV Kami.

Pendahuluan Pembuatan Sketsa Kartun Kedua

Bagian kedua untuk menggambar sketsa gambar kartun menggunakan adobe illustrator. Sebelum belajar menggambar ada baiknya anda berlatih menggunakan tool dari illustrator agar tangan lentur, heheeh. Lihat pada gambar kartun sebelum menggambarnya, seperti berikut:

sketsa gambar kartun

Untuk menggambar kartun diatas saya mempunyai trik dan tutorial , harus mengikuti langkah-langkah agar tidak melenceng dari gambar. Usahakan hasil penggambaran sketsa gambar kartun mirip dengan sketsa pada kertas yang digambar menggunakan pensil. Berikut yang harus dimulai:

Langkah-Langkah Kedua Menggambar Sketsa Gambar Orang Yang Mirip Kartun

  1. Menggambar Sketsa Wajah Kartun Meliputi Mata, Hidung, Alis Dan Mulut
  2. Membuat Bagian Kepala Serta Rambut
  3. Menggambar Badan, Kaki Dan Tangan

1. Menggambar Mata, Hidung, Alis Dan Mulut

sketsa gambar orang

Ambil dan pilih eclipse tool dan buat bulatan yang sempurna sembari menahan tombol alt dan shift pada keyboard. Drag mereka hingga sempurna seperti sketsa di kertas yang telah digambar. Lalu pilih pen tool pada menu tool di sebelah kiri atau gunakan shortcut dengan menekan huruf “P” pada keyboard. Buatlah pupil sketsa kartun, setelah jadi mata dan pupil duplikat dengan membalikkannya. Pilih dua path tersebut dan klik kanan transform – reflect, perhatikan gambar dan klik ok:

Sketsa Gambar

Anda juga bisa membuat mata sebelah kiri saja, kalau sudah jadi dapat digandakan. Tambahkan ornamen mata dengan kode hexa #EFEFEF, #E2E2E2, #D3D1D1 dan #C1BFBF agar ada reduksi di mata. Anda bisa membuat bagian mata dengan kreatif sehingga nanti dapat membuat proyek besar. Pelajari juga tata letak penempatan path sehingga menjadi satu layer yang utuh. Untuk lebih jelas hasil bagian mata lihat pada gambar:

sketsa gambar kartun

Gambar alis menggunakan pen tool dikombinasikan dengan pencil tool serta smooth tool agar garis line di alis tidak buruk dan akan terlihat rapi. Untuk warna alis anda bisa sesuai kan dengan selera dan jangan jauh dari warna pupil. Sehingga bila kombinasi tepat maka gambar akan bagus.

sketsa gambar orang

Membuat hidung sedikit susah karena untuk menjadikannya berefek lengkungan. Dibutuhkan pemahaman warna yang baik agar gambar hidung bagus. Kita tidak pada tahap pewarnaan namun hanya membuat sketsa gambar orang seperti kartun.

Baiklah buat saja sketsa hidung untuk membuat sketsa wajah kartun pada artikel ini. Pakai pen tool dan eclipse lalu seleksi keduanya dan gunakan shape builder tool atau tekan shift + m serta seleksi sehingga menjadi gambar disamping.

sketsa gambar

Gambar bagian mulut sketsa gambar orang yang dibuat jadi kartun. Dengan eclipse dan pen tool dan potong menggunakan shape builder tool yang telah saya ajari. Jadilah bagian mulut seperti gambar disamping. Oh ia! Buat bulatan menjadi 3 satu kecil dan yang dua besar agar mudah membuat mulut. Setelah jadi buat tengah mulut menggunakan pen tool isikan hanya stroke tanpa fill. Stroke isi dengan nilai 8px dan disampingnya pilih variabel width profil sesuka anda.

sketsa gambar kartun

Pilih dan pergunakan pen tool untuk menggambar wajah setelah mata, hidung, alis dan mulut telah dibuat. Usahakan lengkungan wajah bagus bila perlu pakai smooth tool agar line lebih rapih. Pada stroke isikan nilai 6 px dan ukurannya yang besar kecil. Bisa lihat penampilan gambar sketsa disamping.

2. Menggambar Sketsa Kartun Kepala Serta Rambut

sketsa gambar orang

Untuk menggambar kepala tidak sulit, kepala itu digambar dengan rambut jadi sekalian membuat kepala juga rambut. Gunakan pen tool untuk membuat rambut dan kepala. Perhatikan setiap sisi rambut sketsa gambar orang menjadi kartun agar tidak terlalu jelek yang akan membuat kartun menjadi buruk. Seleksi dengan line wajah dan pergunakan shape builder tool agar rambut terseleksi. (Artikel : Sketsa Gambar Kartun Kedua)

sketsa gambar

Gambar juga list rambut supaya tampak gradien rambu. Gunakan pen tool untuk membuatnya, Tahap ini masih belum pewarnaan. Untuk membuat warna anda harus berlatih pewarnaan supaya cocok warnanya. Kartun bisa dibuat sebagai pendukung bisnis dengan membuat gambar atau video dipadukan dengan suara.

3. Membuat Sketsa Gambar Kartun Badan, Kaki Dan Tangan

sketsa gambar kartun

Pada artikel ini saya tidak fokus kepada bagian badan, yang difokuskan adalah pada sketsa wajah. Saya membuat badan ala kadar sama seperti pada coretan sketsa kertas. Agar badan sesuai dengan sketsa di kertas gunakan pen tool dipadukan dengan shape builder tool. Cara pembuatan hampir sama telah dijelaskan pada awal-awal pembuatan sketsa kartun. Saya apresiasi bila anda membuat badan kartun sangat bagus, apalagi anda memiliki kreasi dan kreaktivitas.

Kesimpulan Menggambar Sketsa Gambar Kartun Orang Pada Kartun Kedua

Memang sih bagian badan mirip dengan spongebob, saya tidak fokus pada bagian badan. Bila ada kesulitan dalam penggambaran bisa hubungi saya melalui facebokk yang terdapat di social media saya.

Saya menanggapi pertanyaan seputar teknis membuat kartun tidak dengan software ataupun topik yang keluar dari kartun. Nantikan sketsa kartun dan sketsa gambar orang serta sketsa gambar orang lain seperti sketsa mobil, sketsa motor dan sketsa lain sebagainya. (Artikel : Kumpulan Kartun Hijabers | 10 Sketsa Gambar Kartun Wanita Berhijab)