kesalahan desain website

7 Kesalahan Desain Web Sering Diabaikan Lebih Baik Dihindari

Perhatikan kesalahan desain website
Perhatikan kesalahan desain website

Contohdesain – Menggunakan website untuk bisnis sedang trend saat ini sehingga kesalahan desain web sekecil apapun harus diperhatikan. Hampir semua jenis bisnis menggunakan website untuk media informasi, branding bahkan toko online. Pengelolaan yang baik terutama dari segi desainnya akan mempengaruhi bagaimana penilaian konsumen terhadap usaha kamu. Untuk selengkapnya tentang desain web mari kita lihat Wikipedia sebagai referensi.

Kesalahan Desain Web

Bagi kamu yang belum tahu, website sendiri adalah kumpulan halaman yang dikelola secara online dan dapat diakses dengan internet. Setiap orang bebas membuat maupun mengelola web mereka sendiri untuk berbagai tujuan. Saat ini banyak digunakan untuk tujuan bisnis, memberikan informasi edukasi dan masih banyak lagi.

Jika digunakan sebagai branding maka membuat kesan profesional sangatlah diperlukan demi nama baik. Meskipun kamu membuat web sendiri tanpa memakai jasa profesional maka harus banyak membaca informasi. Salah satunya tentang kesalahan – kesalahan yang sering diabaikan, karena faktanya memiliki pengaruh serta penilaian negatif pada bisnis kamu.

Baca Juga: https://contohdesain.my.id/keuntungan-menjadi-desainer-grafis/

4 Kesalahan Umum yang Paling Sering Diabaikan pada Desain Website

kesalahan desain website
Kesalahan desain web

Fokus pada elemen yang ada pada desain website ternyata membuat kamu melupakan beberapa hal penting. Berbagai kesalahan umum dilakukan tanpa pernah disadari dan diabaikan begitu saja pada saat mendesain website. Simak kesalahan desain web secara umum agar kamu dapat melakukan evaluasi terhadap hasil karya sendiri.

Sistem pencarian sangat buruk

Percuma kamu membuat desain website begitu luar biasa namun sangat menyulitkan untuk menemukan informasi. Sistem pencarian sangat buruk membuat informasi yang ingin ditemukan menjadi sulit dan memakan waktu. Buatlah navigasi yang tersusun rapi agar kegagalan bernavigasi saat mencari informasi di web kamu dapat diminimalkan.

Informasi terlalu rumit dan sulit dipahami

Mengisi website dengan berbagai konten atau teks memang sangat diperlukan sebagai media informasi online. Jika teks tidak mudah dipahami karena terlalu rumit tata bahasanya tentu sangat mengecewakan. Ketertarikan seseorang pada situs website ditentukan dalam beberapa detik saja jadi buatlah teks sederhana namun mudah dipahami.

Judul sangat sulit ditemukan

Kesalahan pada saat pembuatan judul sehingga lebih sulit untuk ditemukan di mesin pencari merupakan kesalahan desain web. Sebuah situs tidak akan bisa mendapatkan banyak pengunjung jika tidak bisa ditemukan karena kesalahan judulnya. Buatlah judul yang SEO friendly karena akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Baca Juga: https://contohdesain.my.id/warna-website-yang-menarik/

Hindari desain seperti sebuah iklan

Menemukan iklan terkadang membuat seseorang otomatis menutup halaman tersebut dan tidak tertarik lagi. Hindari mendesain halaman website kamu seperti sebuah iklan jika tidak ingin diabaikan begitu saja. Desain dengan kesan profesional tidak harus selalu ramai dengan berbagai konten kerlap kerlip namun perhatikan isinya.

3 Kesalahan Sepele Namun Memiliki Pengaruh Negatif Jika Diabaikan

kesalahan web desain
Kesalahan web desain

Selain kesalahan desain web secara umum sudah dijelaskan di atas, ternyata masih banyak kesalahan sepele padahal pengaruhnya cukup buruk. Agar meningkatkan branding positif pada bisnis maka jangan abaikan kesalahan – kesalahan kecil sekalipun. Sehingga web yang kamu desain sendiri benar – benar berkualitas, profesional dan mendatangkan banyak pengunjung.

File bentuk PDF

Sebagian besar orang – orang tidak menyadari jika memasukkan file PDF untuk dibaca secara online merupakan kesalahan. Jika file tersebut dibuka maka akan mempengaruhi atau menganggu arus browsing menjadi kacau. Selain menganggu ternyata tata letak file PDF merusak tampilan khususnya jika membuka website melalui browser.

Pengunjung mengharapkan adanya kemudahan untuk membantu mereka mengingat halaman sudah pernah dikunjungi. Tidak adanya perubahan warna pada link dikunjungi membuat tidak nyaman karena terus membuka halaman yang sama. Hindari kesalahan kecil seperti ini demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung dalam mencari informasi di website kamu.

Pemilihan ukuran font

Membaca teks pada media online kerap kali membuat mata menjadi cepat lelah serta sangat membosankan. Hindari pemilihan ukuran font sama pada semua teks terdapat pada halaman web. Bedakan ukuran font untuk header, navigasi, judul, isi dan informasi lainnya sehingga pengunjung lebih mudah membedakan.

Baca Juga: https://contohdesain.my.id/prinsip-desain-grafis/

Sebagai pembuat desain pada website, kamu juga harus memposisikan diri sebagai pengunjung secara umum. Hal ini sederhana namun penting agar menyadari kesalahan apa saja yang sudah dilakukan dan membuat pengunjung tidak nyaman. Hindari kesalahan desain web sekecil mungkin demi hasil maksimal dan benar – benar terkesan profesional.

Please disable your adblocker or whitelist this site!