Memilih Jenis Huruf untuk Web Perhatikan Beberapa Hal

Jenis huruf untuk web

Contohdesain – Pemilihan jenis huruf untuk web sedikit berbeda dengan brosur, koran, banner dan masih banyak lainnya. Alasannya sangat sederhana, mata lebih mudah lelah membaca dengan media online daripada membaca langsung. Jadi pemilihannya harus benar-benar dipertimbangkan agar dapat menarik dan membuat pembaca betah menyelesaikan membaca informasinya.

Kesalahan umum ketika mendesain web adalah melupakan bagian kecil ini yang ternyata pengaruhnya sangat penting. Terlalu fokus pada tampilan atau layout membuat Sahabat Contohdesainer lupa kalau pemilihan jenis-jenis huruf sehingga dibuat begitu saja. Akibatnya kesan yang disampaikan lewat jenis huruf untuk web tidak sesuai dengan ciri khas website.

Maka mulailah memperhatikan penggunaan jenis, model, ukuran, warna dan besar kecilnya huruf tersebut. Pahami dulu tentang klasifikasi karena ternyata karakternya berbeda-beda begitupun kesan yang diberikan. Serta masih banyak hal lainnya penting diperhatikan di bawah ini agar setiap informasi mudah dibaca dan dipahami.

Pahami Klasifikasi Jenis Huruf pada Web yang Memiliki Karakter Berbeda

Meski terlihat sederhana ternyata jenis huruf untuk web cukup banyak pilihannya dan memiliki karakter berbeda. Pernahkah Sahabat Contohdesainer membuka sebuah halaman situs kemudian secara reflek memberikan penilaian padahal hanya melihat jenis hurufnya? Untuk bisa memberikan ciri khas tersendiri sebaiknya pahami klasifikasi hurufnya agar tepat memilih.

Serif

Serif
Font Serif

Jika Sahabat Contohdesainer ingin ada kesan resmi profesional namun tetap terlihat elegan maka gunakan saja jenis Serif. Jenis ini sering digunakan pada konten-konten formal karena memberikan kesan ketegasan informasi berdasarkan fakta. Contohnya seperti Georgia, Cambria, Times New Roman dan masih banyak lainnya.

Sans Serif

Sans serif

Dari banyaknya jenis, Sans Serif paling sering dipilih karena readibility cukup bagus untuk konten di berbagai media online. Kesan yang diberikan cukup formal namun juga bisa terlihat kasual seperti Arial atau Josefin Sans. Pembaca lebih nyaman jika website memakai Sans Serif daripada memakai jenis lainnya.

Script

Script font
Script

Modelnya seperti huruf tegak bersambung sehingga memberikan kesan kasual, santai dan cukup klasik. Karena tidak mudah dibaca jangan gunakan untuk teks di website namun sesuaikan dengan kebutuhan saja. Penggunaan jenis Script yang sesuai membuat desain website Sahabar Contohdesainer menjadi lebih hidup dan menarik.

Dekoratif

Dekoratif
Dekoratif

Jenis huruf untuk web lainnya berdasarkan klasifikasinya adalah dekoratif yang kesannya santai cocok untuk website anak muda. Dekoratif ada banyak pilihan variasinya, disarankan pada kata pendek saja jangan kalimat. Hindari penggunaan jenis dekoratif untuk web font, judul bahkan body text karena sulit dibaca.

Beberapa Hal Penting Lainnya Diperhatikan dalam Memilih Huruf Pada Web

Selain memahami tentang klasifikasi huruf, ternyata masih banyak hal penting lainnya untuk diperhatikan oleh pemilik website. Jangan sampai pembaca enggan mengunjungi halaman situs Sahabat Contohdesainer karena merasa tidak nyaman dengan hurufnya. Padahal dari segi materi atau informasi yang diberikan sudah sangat bagus dan banyak dicari.

Readibility

Readibility
Readibilitas

Readibility ini juga harus diperhatikan jika Sahabat Contohdesainer menentukan jenis huruf untuk web karena berhubungan dengan bentuk. Bisa juga hubungannya dengan jarak antar kata atau antar huruf sehingga lebih nyaman untuk dibaca. Bayangkan kalimat dengan besarnya sama cenderung lebih sulit dibaca dibanding dengan kalimat yang besarnya bervariasi.

Legibility

legability
Legabilitas

Legibility adalah kemudahan mata mengenali sebuah huruf pada kata atau kalimat yang tersedia di halaman website. Pilih jenis, ukuran dan pemilihan besar kecilnya huruf agar mudah untuk dibaca pada layar Sahabat Contohdesainer. Posisikan diri sendiri sebagai pembaca agar dapat menguji nyaman tidaknya jenis huruf tersebut digunakan.

Warna

warna
Warna

Memakai warna hitam pada penggunaan huruf-huruf di website Sahabat Contohdesainer terkadang terlalu biasa dan monoton. Pemilihan warna apapun dibebaskan asalkan dapat menyesuaikan dengan layout serta desain websitenya. Cari warna yang paling sesuai agar mudah dibaca, tidak terlalu kontras dan paling cocok dengan ciri khas website.

Karakter

karakter
Karakter

Tahukah Sahabat Contohdesainer huruf ternyata memiliki pengaruh psikologi sendiri-sendiri serta dapat memberikan informasi. Pilih model hurufnya sesuai dengan citra web, produk, sasaran pembaca dan karakteristik perusahaan. Jangan sampai Sahabat Contohdesainer memberikan informasi tentang gaya hidup namun pemilihan hurufnya terlalu formal sehingga kesannya justru terlalu kaku.

Baca Juga : https://contohdesain.my.id/jenis-desain-grafis/

Mendesain website tidak sekedar memperhatikan tampilannya saja namun juga harus lebih detail lagi. Termasuk pemilihan jenis huruf-huruf yang ternyata memiliki pengaruh tersendiri sebagai wajah dari website Sahabat Contohdesainer. Jangan sembarangan memilih jenis huruf untuk web hanya karena suka namun harus dipertimbangkan agar sesuai dengan karakter website.

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.

Please disable your adblocker or whitelist this site!