Jenis desain grafis

Kenali Jenis Desain Grafis yang Berbeda Satu Sama Lain

Dalam kehidupan yang serba digital saat ini, tentu kita akan sangat mudah menemui berbagai bentuk dan jenis Desain Grafis di mana muncul dalam berbagai lapisan kehidupan. Berbagai macam contoh dan bentuk desain yang bisa dilihat secara visual dapat dengan mudah ditemukan berkeliaran di sekitar kita dan bahkan berinteraksi dengannya.

Bukan hanya dikerjakan secara profesional untuk mereka para desainer yang menekuni dua tersebut, orang awam juga pernah melakukan pembuatan bentuk sesuatu tersebut dengan tujuan sendiri. Menampilkan hasil dari desain yang dibuat tentu dapat dilakukan dengan kemudahan teknologi sekarang ini.

Jenis Desain Grafis

Ada banyak macam dan bentuk desain yang sebenarnya bisa dikategorikan dengan jelas terkait dengan fungsi, proses, dan unsur pengerjaannya. Satu bentuk pilihan mendesain yang akan selalu dikenal dan sangat dekat dengan lapisan kehidupan bermasyarakat adalah pilihan desain grafis.

Jika kita melihat adanya logo, bungkus makanan dengan gambar menarik, baliho di jalanan, flyer atau brosur dari sales, dan masih banyak lagi lainnya merupakan contoh hasil dari pekerjaan mendesain secara grafis. Kemajuan proses mendesain tersebut muncul karena fungsinya sangat dibutuhkan sampai saat ini.

Desain Grafis Merupakan Bagian dari Seni Mendesain

Secara definisi yang bisa dipahami dengan awal, Jenis Desain Grafis merupakan bagian dari proses penggambaran dan penciptaan bentuk dengan kombinasi teknik topografi, fotografi, ilustrasi , dan cetak yang tujuannya persuasif. Secara inti artinya dalam sebuah hasil dari proses mendesain tersebut ditujukan untuk mengajak atau memberikan informasi.

Kebutuhan untuk menyampaikan komunikasi tersebut yang penting dalam pembuatan desain sehingga tidak bisa sembarangan dikerjakan. Bukan hanya menampilkan dari sisi bentuk yang indah saja namun juga harus memiliki penjelasan mendetail terkait dengan target tujuan untuk dicapai dalam sebuah visual gambaran.

Karya seni yang ditujukan untuk berkomunikasi menjadi penggambaran dari pilihan grafis desainer saat ini karena penggunaannya. Peranan dari hasil mendesain tersebut memang sangat kental dan mudah terlihat bahwa tujuannya adalah memberikan informasi dengan tampilan visual agar mudah dipahami.

Bentuk Jenis Desain Grafis yang Paling Umum untuk Dikenali

Untuk lebih memahami terkait dengan salah satu bagian dari seni tersebut, ada beberapa jenis desain yang masuk dalam kategori grafis di mana secara nyata contohnya sudah ada di sekitar kita. Penjabaran terkait dengan pilihan jenis tersebut dapat dipahami dengan memperhatikan ulasan seperti dijelaskan di bawah ini

Desain grafis untuk menggambarkan identitas secara visual

Pilihan mendesain secara grafis yang pertama adalah penggambaran bentuk identitas secara visual. Contoh jenis tersebut bisa kita lihat dari penggunaannya di dalam pembuatan CV atau curriculum vitae. Dalam Proses mendesainnya, ada penggambaran untuk menampilkan kondisi identitas diri. Bukan hanya CV semata, jenis ini juga ditujukan untuk menampilkan brand.

Desain dalam dunia marketing

Bidang yang sering mendapatkan sentuhan proses mendesain secara grafis adalah bagian pemasaran atau marketing. Dengan kondisi tersebut, ada Jenis Desain Grafis yang memang khusus ada untuk memberikan bantuan bagi masyarakat dalam memutuskan pembelian sebuah produk.

Motion grafis sebagai cabang dari desain grafis

Bentuk pilihan desain secara grafis lain yang lebih menarik dan berbeda serta merupakan pengembangan adalah motion. Pilihan jenis ini merupakan gabungan antara beberapa bidang seni lainnya seperti videografi, animasi, fotografi, topografi, dan ilustrasi. Penampilan visual dalam jenis ini lebih mudah dipahami karena berupa video.

User interface atau desain antar muka

Bagian dari jenis lain di mana tidak terpisahkan dari dunia internet adalah UI atau user interface. Bagi yang sudah paham tentu akan mengerti konteks dari UI tersebut sebagai dunia seni mendesain. UI berkaitan dengan elemen seperti tombol, menu, interaksi, keyboard, hingga mouse.

Jenis Desain Lain yang Juga Menjadi Bagian dari Grafis

Selain keempat jenis di mana diberikan penjabarannya di atas, masih ada beberapa lainnya untuk lebih dikenal secara mendetail. Bentuk lainnya seperti katalog, koran, majalah, maupun buku juga bisa dimasukkan ke dalam dunia desain grafis dalam hal publikasi. Kemasan dan ilustrasi gambar juga jadi bagian jenis lainnya.

Baca Juga : https://contohdesain.my.id/desain-brosur-unik-dan-menarik

Dengan adanya penjelasan dan penjabaran terkait dari jenis dalam hal mendesain secara grafis tersebut, kita tentu sadar bahwa besarnya peranan penggambaran visual di kehidupan. Bukan hanya Jenis Desain Grafis sebagai informasi menarik, berbagi artikel lainnya bisa juga dipelajari untuk ilmu lebih baik lagi.