elemen dasar website

8 Elemen Dasar Website Penting dalam Pembuatan Desain Web

Elemen website yang harus ada
Elemen website yang harus ada

Contohdesain.my.id – Desain website merupakan tampilan awal yang memberikan kesan sehingga harus memiliki elemen dasar website. Sebenarnya ada banyak elemen – elemen harus diperhatikan agar tampilan web memiliki daya tarik tersendiri. Tidak sekedar enak diandang saja namun lebih SEO friendly agar lebih mudah ditemukan pembaca di mesin pencari.

Tampilan haruslah memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi diinginkan ketika membuka halaman Sahabat Contohdesainer. Jangan sampai tampilan terlalu ribet justru membuat kesulitan sehingga tidak tertarik lagi mencari informasi lain. Tidak harus membuat desain yang terlalu berlebihan namun harus mencakup elemen – elemen dasarnya agar mudah dipahami.

Baca juga : https://contohdesain.my.id/cara-mendesain-website/

Jika membahas tentang desain websitenya sebenarnya selalu ada perubahan trend dari waktu ke waktu. Sama seperti dunia fashion dimana banyak orang mengikutinya demi terlihat keren dan kekinian sesuai perkembangan trend. Namun dari segi elemen – elemen dasar dalam website tidak banyak mengalami perubahan jadi tidak terlalu rumit.

5 Elemen Utama Saat Membuat Desain Website Terbaik

Elemen desain pada web bukan sekedar keindahan tampilan saja ternyata mampu meningkatkan user experience (UX). Karena tujuan awal pembuatan sebuah website untuk menarik pembaca sebanyak mungkin agar menaikkan peringkat. Berikut 5 elemen dasar website yang dijelaskan secara singkat di bawah ini agar mudah dipahami.

Layout

Layout website
Layout website

Letak layout harus mudah dicerna pembaca sebagai aliran informasi dengan memperhatikan atas, bawah, kiri dan bagian kanan. Tips sederhananya dalam memilih layout adalah membuat aliran informasi sesuai gerakan mata. Buatlah skala prioritas yang paling penting terlihat jelas kemudian sampai ke kurang penting.

White space

White space atau ruang kosong memiliki peranan sangat penting yaitu memberi fokus dan kesan clean. Elemen ini berguna membantu mata agar dapat mengorganisir data secara otomatis pada web. Jeda pada white space membuat pembaca lebih mudah memahami informasi disampaikan secara detail dan tidak membuat jenuh.

Pemilihan warna

warna website
Pemilihan warna website

Perlu diingat hal utama dan penting isi dari web adalah kontennya jadi jangan sampai pemilihan warna malah menganggu. Warna latar mempengaruhi kesan pembaca serta mood mereka untuk terus ingin mencari informasi. Tips sederhana gunakan warna lebih gelap untuk tulisan dan lebih terang pada latar belakang.

Navigasi

Navigasi memiliki peran penting sebagai petunjuk informasi agar pembaca dapat menemukan konten sesuai keinginan. Sebagai salah satu elemen dasar website yang mempunyai pengaruh penting maka cari tempat agar mudah ditemukan. Selain itu navigasi harus mudah digunakan agar menjelalah website Sahabat Contohdesainer menjadi menyenangkan.

Mungkin Sahabat Contohdesainer tidak menyadari betapa pentingnya tombol “Search” bagi para pengunjung situs online. Tombol ini diibaratkan sebagai kebebasan karena pembaca bebas mencari informasi apapun yang diinginkan. Apalagi jika mereka tidak memiliki cukup waktu sehingga membutuhkan kecepatan dalam pencarian tentu lebih memudahkan.

3 Eleman Lainnya yang Memiliki Peran Pendukung dalam Desain Website

Selain 5 elemen dasar website di atas masih ada 3 lainnya sebaiknya diketahui dalam membuat desain web. Masing – masing elemen memiliki fungsi atau peran penting yang akan sangat bermanfaat bagi para pembaca. Selain menjadi lebih menarik, website Sahabat Contohdesainer juga akan terlihat lebih profesional sehingga meyakinkan.

Halaman “About me”

halaman about website

Ketika Sahabat Contohdesainer membuka halaman situs pasti menemukan di bagian bawah terdapat “About Me” dan kerap mengabaikannya. Padahal elemen ini memiliki fungsi penting baik untuk pengunjung nantinya dan diri sendiri sebagai pengelola, antara lain:

  1. Memperkenalkan perusahaan.
  2. Memperkenalkan jasa.
  3. Menjelaskan lebih spesifik terutama bisnis.

Halaman kontak

Halaman kontak untuk meyakinkan kalau web tersebut benar – benar dikelola secara profesional baik oleh perusahaan maupun perorangan. Beberapa informasi yang dapat dicantumkan pada halaman kontak antara lain:

  1. Perusahaan bisa meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telepon.
  2. Individu seperti nama Sahabat Contohdesainer, alamat, nomor telepon dan lainnya.

Footer biasanya berisi tentang pengulangan informasi namun lebih ringkas sehingga lebih mudah dipahami. Buatlah footer semenarik mungkin dan jangan pernah mengabaikannya sebagai bagian tidak terlihat. Sekecil apapun perhatian Sahabat Contohdesainer pada desain tampilan web akan sangat mempengaruhi penilaian serta kualitas termasuk bagian footer.

Kesimpulan

Tampilan pada web menjadi penilaian terhadap Sahabat Contohdesainer maupun bisnis yang sedang dijalankan serta seberapa profesional. Tidak harus mendesain website secara profesional karena elemen – elemen tersebut biasanya merupakan template otomatis. Jadi hanya perlu edit sedikit agar elemen dasar website benar – benar sesuai dan mudah untuk ditemukan.

Please disable your adblocker or whitelist this site!