Mengenal Desain Website Terbaik dan 4 Elemen Perlu Dihindari

Hindari elemen tertentu pada desain website

Contohdesain – Salah satu cara membuat bisnis sukses di internet adalah dengan memperhatikan desain website terbaik. Sahabat Contohdesainer pasti heran apa hubungan antara sukses tidaknya sebuah bisnis dengan tampilan pada web. Jika ingin mendapatkan jawabannya sebaiknya pelajari lebih mendalam tentang apa itu web desain yang dikelola untuk bisnis.

Desain Web Terbaik

Tampilan website terlalu jelek, dibuat seadanya, rumit bahkan dapat dikatakan rusak ternyata membuat penilaian menjadi negatif. Pengunjung sengaja mengakses sebuah web untuk mendapatkan informasi yang dibacanya dan menyimpulkan sendiri. Hanya dengan melihat tampilan di halaman utama sudah dapat disimpulkan bagaimana kualitas serta informasi yang diberikan.

Baca Juga : Elemen Penting Web Desain

Pembahasan mengenai desain sebuah web memang terlihat sederhana namun ada banyak hal detail perlu dipelajari. Terutama jika digunakan sebagai profil sebuah perusahaan atau promosi produk tentu harus benar – benar berkualitas. Maka pahami lebih detail tentang desain web serta elemen yang tidak perlu agar tampilannya tidaklah berlebihan.

Apa itu Web Desain dan Bagaimana Sebuah Desain Web Dikatakan Terbaik?

Pernahkah Sahabat Contohdesainer mendengar istilah desain website terbaik dan sudahkah memahami apa sebenarnya dimaksudkan? Desain web adalah tampilan bertujuan untuk memberikan rasa pada keseluruhan komponen dimana saling mempengaruhi satu sama lain. Dapat menyangkut layout, font, tools, aplikasi, link, konten, profil, tata letak dan masih banyak lagi.

Sebuah desain pada website dapat dikatakan terbaik bukan berarti harus penuh sehingga tidak ada ruang kosong lagi. Sahabat Contohdesainer dapat membuat tampilan sederhana namun memperhatikan dengan baik bagaimana tata letak dan elemen didalamnya. Secara umum elemen yang ada sebenarnya tidak mengalami banyak perubahan semua tergantung Sahabat Contohdesainer.

Web design sangat berbeda dengan pengembangan web namun kedunya saling membutuhkan untuk mendapatkan kualitas terbaik. Karena sebuah website merupakan aset berharga serta dapat meningkatkan citra positif perusahaan maupun bisnis Sahabat Contohdesainer. Perlu pengelolaan lebih terencana serta perlu banyak pertimbangan matang agar terlihat profesional, berkualitas hingga terpercaya.

Baca Juga : Mendesain web butuh 5 langkah ini

Sahabat Contohdesainer harus memahami betul bagaimana kriteria desain website terbaik diantaranya adalah

  1. Tampilan tidak dianggap memusingkan.
  2. Informasi yang disampaikan mudah dipahami.
  3. Pencarian informasi lebih mudah ataukah justru sangat rumit.
  4. Situs dianggap penting sehingga dibutuhkan informasinya.
  5. Navigasi mudah untuk diikuti arahnya.

Baca Juga : Pilihlah jenis huruf tertentu untuk mendesain website

Elemen yang Perlu Dihindari Jika Ingin Membuat Desain Web Terbaik

Tahukah Sahabat Contohdesainer dalam mendesain sebuah website memang membutuhkan elemen penting sebagai penunjang kualitas. Namun ternyata ada elemen yang sebenarnya tidak terlalu penting dan tidak dibutuhkan sama sekali kehadirannya. Sahabat Contohdesainer harus mengetahui apa elemen yang dimaksud karena dengan begitu tidak dimasukkan dan dapat dihindari saja.

Gambar latar belakang berlebihan

Penggunaan gambar untuk latar belakang memang kerap digunakan untuk tujuan desain website terbaik. Sayangnya jika elemen gambar latar belakang ini berlebihan justru menganggu teks atau informasi didalamnya. Disarankan untuk mempelajari bagaimana gambar latar belakang yang sesuai dan enak dilihat agar dapat memberikan hasil terbaik.

Foto atau teks tidak relevan

Memberikan foto pada halaman website memang menjadi daya tarik atau dapat dikatakan sebagai pemanis daripada sekedar teks. Namun jika penggunaan foto tidak relevan bahkan kualitasnya jelek justru kesannya tidak menarik lagi. Termasuk penambahan teks – teks terlalu banyak namun tidak memberikan informasi bermanfaat sebaiknya dihindari saja.

Menambahkan link dan berbagai tombol di halaman web Sahabat Contohdesainer memang diperbolehkan serta bebas sesuai keinginan. Perlu diperhatikan adanya link dan tombol tidak jelas membuat tampilan halaman situs terlihat penuh. Hal ini ternyata membuat pembaca tidak merasa nyaman dan akhirnya memutuskan untuk meninggalkan situs segera mungkin.

Baca Juga : Kartun dari illustrator

Elemen desain terlalu rumit

Membaca informasi di website sangat berbeda dengan di koran atau media cetak sehingga harus dibuat semenarik mungkin. Jika elemen – elemen yang disediakan terlalu rumit digunakan membuat pengunjung malas mempelajarinya. Pasti akan segera pindah ke situs lainnya yang dirasa memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pencarian informasi.

Setiap orang yang ingin membuat websitenya sendiri tentu harus memahami pengertian, tujuan dan bahkan cara membuatnya. Dalam proses pembuatan janganlah sembarangan demi mendapatkan hasil tampilan web terbaik serta berkualitas. Tidak semua elemen harus dimasukkan jika ingin desain website terbaik namun juga perlu ada beberapa dihindari.

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.

Please disable your adblocker or whitelist this site!