3 Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Sederhana agar Hasilnya Memuaskan

denah rumah minimalis 3 kamar tidur type 36
Desain Rumah Minimalis Sederhana

Contohdesain.my.id Desain rumah minimalis sederhana sekarang banyak sekali peminatnya. Desain ini menjadi tren yang sedang popular dikalangan masyarakat. Selain populer, penggunaannya sendiri sangat penting. Efeknya fatal ketika seseorang menganggap hal ini tidak penting. Rumah sendiri berfungsi sebagai tempat seseorang pulang setelah seharian beraktivitas.

Tentu aktivitas di luar rumah tidak selamanya berjalan baik. Terdapat beberapa kondisi dimana aktivitas berjalan buruk. Itu tentu akan menjadi hari yang melelahkan. Dengan hari yang melelahkan tersebut, pulang ke rumah berfungsi untuk menjernihkan pikiran dan membuat tenaga kembali penuh.

Baca Juga : Apa itu desain grafis?

Apabila tampak depan rumah yang dijadikan tempat pulang dirasa tidak nyaman, istirahat tersebut tentu akan terganggu. Dari sudut pandang ini, sangat jelas bahwa desain rumah minimalis sederhana menjadi sangat penting. Namun masalahnya, ada banyak orang tidak memahami cara membuat bagian dalam dan depan rumah minimalis. Oleh sebab itu, berikut ulasan lengkapnya.

Perhatian Penataan dan Cobalah Ruangan Multifungsi

Poin pertama yang perlu diperhatikan berhubungan dengan penataan model rumah minimalis. Penataan rumah minimalis yang baik sebenarnya tidak terlalu rumit. Lakukan list terhadap ruangan yang akan diatur. Lalu dari semuanya, lakukan list juga terhadap barang – barangnya. Semakin suatu bagian banyak dipenuhi barang maka semakin prioritaskan pada urutan pertama.

Buatlah tata letak mulai dari ruangan dengan kondisi paling penuh. Hal ini akan memudahkan karena semakin kemari, fokus dalam penataan akan menjadi semakin sulit. Akan lebih baik jika meletakkan furniture secukupnya. Jangan sampai furniture tersebut malah membuatnya menjadi semakin sempit.

Poin penting selanjutnya dalam desain rumah minimalis sederhana terletak pada penggunaan ruangan multifungsi. Untuk memisahkan ruangan satu dengan yang lain, sering kali dibuatkan sekat antara keduanya. Sekat tersebut tidak sepenuhnya salah. Dengan adanya sekat, penataan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Namun jika mau berusaha lebih keras, tidak ada salahnya mencoba ruangan multifungsi. Dengan teknik ini, ruangan akan terasa lebih besar. Sekat – sekat yang sebelumnya dibuat tentu perlu dihilangkan. Sebagai contoh, ruang tengah dan dapur adalah dua ruangan yang sangat mungkin untuk dijadikan satu.

Baca Juga : Bantu dirimu untuk memilih jurusan desain grafis

Buatlah Dekorasi dan Siapkan Juga Ruangan Baru

Ketika sebuah ruangan sudah ditata dengan sangat rapi, sering kali ruangan tersebut tetap terlihat kurang indah. Ketika kondisi itu terjadi, jangan selalu menyalahkan penataannya. Besar kemungkinan, ini terjadi karena adanya kesalahan dalam dekorasi. Dekorasi sendiri sangat penting dalam desain rumah minimalis sederhana.

Cara termudah mungkin dengan penggunaan wallpaper. Sudah ada banyak wallpaper yang memberi kesan minimalis kepada ruangan. Sebagai referensi lain, bisa juga menggunakan warna – warna pastel untuk menambah keindahan. Namun, selalu pastikan agar campurannya diperhatikan dengan baik. Jangan sampai kesan yang ditimbulkan terlalu ramai.

Kesan desain rumah minimalis sederhana tidak akan muncul apabila kondisi ramai tersebut malah terbentuk. Selain itu, sulitnya penataan juga membuat kebanyakan orang berpikir untuk pindah ke rumah baru dengan kondisi lebih luas. Pemikiran tersebut sebenarnya tepat. Pindah adalah cara termudah mendapatkan ruangan lebih luas.

Namun, budget yang dibutuhkan jelas sangat besar. Daripada memutuskan untuk pindah, akan lebih baik jika merencanakan pembuatan ruangan baru. Jika halaman rumah terkesan masih luas, buatlah tambahan ruangan ke bagian samping. Namun ketika halaman tersebut tidak ada, jangan takut untuk menambah lantai.

Membuat ruangan baru di bagian atas justru menjadi nilai tambah pada desain rumah minimalis yang coba ditimbulkan. Pembuatan ruangan baru sendiri paling penting untuk tempat penyimpanan barang. Biasanya, kebanyakan rumah tidak memilikinya. Dengan adanya tempat khusus untuk menyimpan, kepadatan di ruangan lain akan jauh berkurang.

Gunakanlah Setiap Sudut dengan Maksimal

Sudut sebuah rumah minimalis sederhana memiliki peran sangat besar dalam dekorasi. Itu karena, bagian sudut adalah tempat bebas dimana posisinya tidak akan menghalangi. Selalu pastikan bahwa setiap sudut telah digunakan dengan maksimal. Jangan sampai ada bagian yang masih kosong.

Baca Juga : Memilih Denah Rumah type 36 ada Tipsnya Loh!!

Ketika ada bagian kosong, langsung pikirkan untuk mengisi bagian tersebut. Contoh termudah bisa diambil bagi Sahabat Contohdesainer yang hobi memasak. Biasanya, oven adalah salah satu peralatan yang memakan tempat penyimpanan dalam jumlah besar. Apabila ada sudut kosong di ruangan, simpanlah oven di tempat tersebut.

Persiapan secara matang sangat diperlukan dalam pembentukannya. Apabila persiapan itu dilakukan secara asal, hasilnya tentu tidak akan maksimal. Jika masih ragu, merupakan keputusan bagus apabila berkonsultasi dengan ahli soal persiapan tersebut. Dengan itu, desain rumah minimalis sederhana sesuai harapan pasti terealisasikan.

Sponsored Post : Berbisnis properti

Please disable your adblocker or whitelist this site!