Contoh Undangan Pernikahan Sederhana

100+ Contoh Undangan Pernikahan Sederhana

desain contoh undangan pernikahan

Sebelum menampilkan contoh undangan pernikahan sederhana simak teori darinya

Rasa cinta memang membuat orang terlena ataupun rasa hati penuh dengan cinta kasih. Cinta memang harus dibuktikan dengan pernikahan. Dengan begitu membuat antara kedua wanita dan pria memiliki hubungan yang halal. Jika ingin menikah pilihlah contoh undangan pernikahan sederhana karena saling melengkapi. Rujukan tentang undangan pernikahan ada di Wikipedia

Pengertian Undangan Pernikahan

Selebaran pemberitahuan untuk menghadiri acara resmi dan suci adalah salah satu undangan pernikahan. Undangan pernikahan ini wajib Anda cetak sebagai ajakan resmi bagi orang terdekat maupun rekan sejawat untuk menghadiri acara yang Anda gelar.

Undangan pernikahan ini terdiri dari berbagai macam, jenis, dan ukuran. Setiap perbedaan percetakan undangan pernikahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sehingga, Anda dapat menentukan desain undangan pernikahan sesuai dengan keinginan dan budget yang Anda sediakan.

Hal ini dilakukan untuk menarik pembaca undangan pernikahan. Bagi Anda yang ingin membuat undangan pernikahan dengan budget pas-pasan, Anda dapat menggunakan jenis undangan dengan desain simpel. Namun, isi dari undangan pernikahan tersebut mudah dimengerti pembacanya.

Sejarah dan Pengertian Undangan Pernikahan Menurut Para Ahli

Undangan pernikahan ini telah ada sejak tahun 1447. Dahulu, Kerajaan Inggris selalu menggunakan undangan untuk acara-acara pernikahan. Keluarga kerajaan dan para bangsawan selalu menggunakan undangan pernikahan sebagai ajakan resmi untuk menghadiri suatu acara sakral. Pada tahun 1798, undangan pernikahan mulai digunakan secara massal.

Semua kalangan pun diperbolehkan untuk menggunakan undangan sebagai ajakan untuk menghadiri acara pernikahan. Menurut para ahli, undangan pernikahan adalah suatu lembar kertas yang berisikan informasi pernikahan dan “ajakan resmi” bagi pembaca untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh pemberi undangan pernikahan.

Model-Model Undangan Pernikahan

Ada beberapa model-model undangan pernikahan. Anda dapat memilih satu dari model undangan pernikahan tersebut. Sebab, dari macam undangan pernikahan yang cukup beragam ini, Anda dapat memilih desain yang cocok undangan pernikahan. Untuk itu, ini dia model-model dari undangan pernikahan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Model Undangan Pernikahan 1 Lipatan

Menurut undangan pernikahan dari para ahli. Model undangan pernikahan yang biasanya digunakan adalah model undangan pernikahan 1 lipatan. Ukuran kertas undangan 1 lipatan ini sekitar 12cm x 19cm.

Undangan pernikahan 1 lipatan ini biasanya untuk desain model simpel serta sederhana. Selain itu, harga cetak model undangan pernikahan 1 lipatan ini terbilang cukup terjangkau dibandingkan dengan model undangan pernikahan lainnya.

  • Model Undangan Pernikahan 2 lipatan

Model undangan pernikahan 2 lipatan ini digunakan untuk undangan eksklusif. Ukuran undangan pernikahan 2 lipatan ini sekitar 24cm x 19cm. Umumnya, model undangan 2 lipatan ini digunakan untuk orang-orang kelas menengah ke atas.

Sebab, undangan pernikahan 2 lipatan ini biasanya menggunakan desain full colour dan menggunakan bahan kertas lebih tebal. Sehingga, harga dari model undangan pernikahan 2 lipatan ini 2 kali lebih mahal dibandingkan dengan undangan pernikahan 1 lipatan.

  • Model Undangan Pernikahan 3 Lipatan

Menurut pengertian undangan pernikahan dan fungsinya, undangan pernikahan 3 lipatan ini menjadi jenis undangan pernikahan paling mahal. Sebab, desain yang digunakan pada undangan pernikahan 3 lipat ini biasanya jenis 3 dimensi.

Jenis undangan pernikahan 3 dimensi ini memang membutuhkan kreativitas dalam pembuatannya. Sehingga, harga dari undangan 3 lipatan ini yang paling mahal dibandingkan dengan model undangan lainnya. Rata-rata, ukuran model undangan pernikahan 3 lipatan ini sekitar 36cm x 19cm.

Jenis Kertas yang Digunakan untuk Undangan Pernikahan

Agar desain desain undangan pernikahan lebih menarik dan unik, Anda dapat menggunakan jenis kertas undangan pernikahan tertentu. Sebab, akan ada perbedaan hasil undangan pernikahan yang disebabkan oleh jenis kertas yang digunakan. Untuk itu, inilah beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk undangan pernikahan.

  • Kertas Art Karton

Kertas art karton ini menjadi salah satu jenis kertas undangan pernikahan yang kerap dipilih oleh konsumen. Sebab, kertas art karton ini cukup tebal dan menghasilkan efek glossy. Sehingga, hasil undangan dengan menggunakan kertas art karton ini tampak mengkilap.

Harga dari undangan pernikahan art karton ini tentu lebih mahal dibandingkan dengan penggunaan kertas HVS biasa. Sesuai dengan pengertian undangan pernikahan yang dari para ahli, penggunaan kertas art karton ini lebih direkomendasikan ketimbang jenis kertas untuk cetak undangan pernikahan lainnya.

Loading...
  • Kertas Art Paper

Kertas art paper ini berbeda dengan kertas art karton. Art paper ini lebih tipis dibandingkan dengan kertas art karton. Umumnya, kertas art paper ini digunakan untuk model undangan pernikahan 1 lipatan. Harga dari kertas art paper ini tentu saja lebih murah dibandingkan dengan jenis kertas art karton.

  • Kertas Ivory

Menurut undangan pernikahan, penggunaan kertas ivory ini lebih ditujukan pada jenis undangan pernikahan kekinian. Undangan pernikahan instagramable ini memiliki ciri dari model, desain, dan warna. Umumnya, undangan pernikahan model terbaru ini menggunakan model kertas yang tidak terlalu tebal.

Namun, mengaplikasikan model dan desain yang unik serta menarik. Kemudian, pilihan warna-warna yang tampak segar dan enak untuk dipandang. Sehingga, pembaca undangan selalu tertarik dengan jenis undangan pernikahan model instagramable ini.

Baca juga: contoh name tag

Kelebihan dalam Menggunakan Undangan Pernikahan

Setelah membahas tentang undangan pernikahan, fungsi, macam, dan jenis undangan pernikahan maka tak lengkap rasanya bila tidak membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan undangan pernikahan. Ada beberapa kelebihan dalam menggunakan undangan pernikahan sebagai “ajakan resmi” bagi pembaca untuk menghadiri acara tertentu.

Kelebihan dalam penggunaan undangan pernikahan ini lebih praktis dan simpel. Undangan pernikahan ini memudahkan Anda untuk memberitahu kepada tamu undangan untuk hadir di acara yang Anda selenggarakan. Para undangan akan diberitahu soal nama pengantin, tanggal acara, hingga lokasi acara pernikahan.

Sehingga, Anda cukup menyebarkan undangan pernikahan tanpa harus memberi tahu satu persatu kepada orang terdekat untuk hadir di acara Anda. Bahkan, undangan pernikahan digital menjadi salah satu jenis undangan kekinian yang mulai banyak digunakan. Sehingga, tidak membutuhkan kertas. Jadi, lebih hemat biaya dan ramah lingkungan.

Tips dalam Menggunakan Undangan Pernikahan

Selain itu, penggunaan undangan pernikahan juga mengharuskan Anda cermat dalam memilihnya. Hal ini dilakukan agar biaya pengeluaran untuk acara pernikahan  tidak semakin membengkak. Rata-rata, undangan pernikahan ini dibanderol sekitar tertentu per undangan, tergantung model, jenis kertas, dan desain model undangan pernikahan tersebut.

Mengacu pada undangan pernikahan, Anda wajib mendesain model undangan pernikahan yang unik, menarik, dan mudah dipahami oleh pembaca. Apabila undangan pernikahan tidak menarik, bisa jadi undangan pernikahan yang Anda bagikan ini tidak dibaca oleh pembaca. Untuk itu, sesuaikan budget yang Anda anggarkan untuk pembuatan undangan pernikahan.

Jangan sampai memilih jenis undangan pernikahan yang terlalu mewah apabila Anda tidak memiliki budget yang cukup. Maka dari itu, silahkan tentukan model, jenis, dan desain undangan pernikahan yang sesuai dengan budget yang Anda anggarkan.

Undangan pernikahan merupakan suatu ajakan yang bersifat resmi untuk mengajak pembaca menghadiri acara sakral, seperti pernikahan. Undangan pernikahan ini terbuat dari berbagai macam dan jenis kertas agar tampak menarik untuk dibaca. Untuk itu, Anda perlu mencari referensi dan ide mengenai pembuatan desain undangan pernikahan.

Baca juga: Membuat sketsa gambar kartun

Anda dapat mengaplikasikan model undangan pernikahan yang unik dan menarik. Penggunaan undangan pernikahan ini memiliki kelebihan dan cara sendiri. Sehingga, Anda wajib paham apa saja yang harus diperhatikan dari penggunaan undangan sesuai dengan pengertian undangan pernikahan.

Contoh undangan pernikahan sederhana #1

Contoh undangan pernikahan sederhana

Tampilan mockup contoh undangan pernikahan sederhana terasa mempesona dengan penambahan pita berwarna biru. Pemberian font pada desain akan menjadikannya pas dengan kesederhanaan. Karena pernikahan maka ada tambahan pernak-pernik bunga.

Contoh undangan pernikahan sederhana #2

Contoh undangan pernikahan sederhana

Dekorasi pensil terlihat seperti melukis desain contoh undangan pernikahan sederhana. Memang kalau mockup itu membuat desain terlihat menarik daripada langsung menampilkan undangan secara langsung. Begitu pula jika berjualan, usahakan dibuat semenarik mungkin.

Contoh undangan pernikahan sederhana #3..#4..#5..#100 Dalam tahan pendesainan

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.