definisi desain grafis

Definisi Desain Grafis Dan 8 Jenis Desain Grafis

Pendahuluan Definisi Desain Grafis

Desain grafis menampilkan komposisi grafis untuk memperbaiki masalah dan memberi ide dengan sebuah tipografi, citra, warna dan bentuk. Tidak banyak cara untuk melakukan itu dan itu sebabnya ada beberapa tipe pendesain grafis sesuai dengan kemampuan spesialisasi. Setiap jenis desain grafis menyaratkan bahwa skill atau kemampuan dan juga teknik desain harus dimiliki.

Banyak pendesain memiliki kemampuan bagus yang fokus pada satu jenis tipe dan juga fokus pada spesifikasi yang sejenis. Karena sering berubah pendesain harus beradaptasi dan berfikir panjang serta terus belajar agar kesempatan atau penambahan keahlian karirnya tercapai.

Apapun harus dilakukan pendesain agar menginspirasi service mereka untuk sebuah karir bisnis, pahami delapan tipe desain grafis yang akan membantu menemukan kemampuan terbaik agar keberhasilan tercapai.

Identitas Tampilan Desain Grafis Visual

Sebuah merek dagang harus memiliki hubungan antara bisnis atau organisasi dengan audience mereka. Identitas merek dagang (brand) mesti tau bagaimana berkomunikasi secara efektif yang lebih personal, bernada dan beresensi tinggi, juga kenangan, emosi serta pengalaman. Pendesain yang berspesialisasi memiliki identitas yang terampil dalam desain grafis dapat berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

Pada brand, sebuah aset seperti logo, tipografi, kumpulan warna palet, dan sekumpulan gambar untuk mengekspresikan sebuah merek dagang utama yang lebih personal. Sebagai tambahan pada standard kartu nama dan alat tulis perusahaan, pendesain sering mengembangkan pedoman visual brand (style guides) dengan menggambarkan kerja keras dan menyediakan contoh visual branding melalui beberapa media. Dengan pedoman tersebut dapat membantu merek konsisten pada aplikasi kedepannya.

Identitas sebuah visual desain adalah salah satu dari jenis desain yang paling umum. Identitas visual pendesain grafis harus memiliki pengetahuan umum dari jenis desain grafis untuk membuat sebuah elemen desain yang cocok pada semua media. Mereka juga membutuhkan komunikasi yang baik, konseptual dan kemampuan yang kreatif dan sebuah gairah untuk industri penelitian, organisasi, tren dan pesaing.

Marketing Dan Advertising Desain Grafis

Ketika banyak orang berbicara seputar desain grafis, mereka berfikir bahwa desain dibuat untuk pasar dan iklan dan ingat definisi desain grafis. Keberhasilan sebuah perusahaan tergantung pada upaya serta kemampuan marketing untuk memilih target audience mereka dengan membuat proses keputusan atau langkah-langkah sebelum keputusan final diambil.

Marketing yang bagus menjangkau basis orang-orang berdasarkan keinginan, kebutuhan, kesadaran dan kepuasan tentang suatu produk, layanan dan branding. Saat orang-orang mau menemukan konten visual yang lebih menarik, desain grafis membantu sebuah organisasi berpromosi dan berkomunikasi secara lebih efektif.

Pendesain marketing bekerja dengan pemilik perusahaan, directors, manager atau marketing yang profesional untuk membuat aset desain grafis sebagai sebuah strategi pasar. Mereka mungkin bekerja sendiri-sendiri atau sebagian kecil bekerja dirumah atau punya tim kreatif. Pendesain dapat memiliki spesialisasi pada jenis media yang spesifik atau membuat berbagai macam portofolio untuk cetakan, digital dan seterusnya.

Contoh Desain Grafis Marketing

  1. Postcards dan Flyer
  2. Majalah dan iklan newspaper
  3. Poster, benner dan papan iklan
  4. Infografik
  5. Brosur (print dan digital)
  6. Desain Kendaraan
  7. Rambu-rambu dan tampilan pameran dagang
  8. Template Email Marketing
  9. Persentasi Power Point
  10. Menu
  11. Iklan sosial media, banner dan grafik
  12. Banner dan target iklan
  13. Gambar untuk website dan blog

Pendesain marketing membutuhkan komunikasi yang terbaik, memecahkan masalah dan keterampilan manajemen waktu. Selain mahir dalam beberapa desain grafis, layout dan aplikasi persentasi, mereka harus ramah dengan produksi untuk print dan seputar lingkungan online.

Bagi yang pemula pada bidang ini harus mempelajari proses dan memperoleh keterampilan dan pengalaman berharga.

User Interface Desain Grafis

Sebuah user interface (UI) harus menyajikan bagaimana interaksi pengguna dengan perangkat atau aplikasi. Desain UI adalah proses dari antarmuka desain agar memudahkan pengguna dan menyediakan pengalaman user-friendly.

User interface menyediakan semua hal yang berkenaan dengan interaksi layar, keyboard dan mouse– tapi pada konsep desain grafis, desain user interface fokus pada pengalaman pengguna dan desain on-screen grafik memiliki elemen seperti button, menu, micro interaction dan lain sebagainya. Tugas perancangan user interface meminimalkan esterika dengan fungsi teknis.

Spesialisasi desain user interface seperti pada aplikasi desktop, aplikasi mobile, aplikasi web dan game. Mereka bekerja dengan serius pada desain UX (user experience) untuk menentukan bagaimana aplikasi bekerja dan pengembang user interface yang menulis kode.

Contoh Desain grafis User Interface

  1. Desain halaman web
  2. Desain tema (WordPress, shopify dan sebagainya)
  3. Antarmuka Game
  4. Desain aplikasi

Pendesain user interface harus menjadi pemain dalam tim baik didukung oleh keterampilan desain grafis dan pemahaman yang bagus tentang prinsip-prinsip user interface dan user experience, desain responsive dan web development. Selain aplikasi grafis juga butuh pengetahuan menulis kode program seperti HTML, CSS dan JavaScript.

Desain Grafis Publikasi (Publication)

Publikasi adalah cara untuk menyampaikan komunikasi atau cara berbicara pada desain dengan audience melalui distribusi publik. Mereka memiliki cara lama yang sekarang memakai cara modern. Desain publikasi adalah jenis klasik dari desain seperti buku, koran, majalah dan katalog.

Namun ada cara baru yang sangat signifikat yaitu digital publishing. Pendesain grafis menjadi spesialisasi didalam pekerjaan publikasi dengan editors dan publisher untuk membuat layout tipografi dan artwork yang dipilih dengan cermat termasuk fotografi, grafik dan ilustrasi. Pendesain publikasi mungkin bekerja sebagai freelancer, sebagai anggota agen kreatif atau sebagai bagian dari perusahaan penerbit.

Contoh Desain Grafis Publikasi

  1. Buku
  2. Koran
  3. Nawala
  4. Direktori
  5. Laporan Tahunan
  6. Majalah
  7. Katalog

Pendesain publikasi harus memahami komunikasi efektif, layout dan kemampuan terorganisir. Selain keahlian desain grafis harus juga membutuhkan pengetahuan manajemen warna, printing dan publikasi digital.

Loading...

Desain Grafis Pengemasan (Paket)

Sebagian besar produk memerlukan beberapa form sebuah paket desain untuk melindungi dan menyediakan penyimpanan, distribusi dan penjualan. Tetapi desain package (paket) juga bisa dikomunikasikan secara langsung kepada konsumen sebagai perangkat marketing yang bernilai. Contohnya kotak, botol, tas, kaleng, wadah dan tabung adalah tempat yang pas untuk desain suatu merek dagang.

Desain kemasan membuat konsep, pengembangan mock-up dan membuat file print-ready untuk sebuah produk. Perlu juga curriculum vitae, ini membutuhkan pengetahuan yang ahli dari proses print dan mengerti desain industri dan manufaktur.

Karena desain kemasan menyentuh begitu banyak disiplin ilmu, itu tidak biasa bagi pendesain untuk menemukan diri mereka menciptakan aset lain untuk suatu produk seperti fotografi, ilustrasi, dan identitas visual.

Desainer kemasan mungkin serba tau atau berspesialisasi dalam jenis kemasan tertentu seperti label atau kaleng minuman serta industri tertentu seperti makanan atau mainan anak-anak. Pekerjaan mereka membutuhkan keterampilan konseptual dan pemecahan masalah terbaik selain pengetahuan kerja yang kuat tentang desain cetak dan industri. Mereka diharapkan fleksibel dalam memenuh permintaan klien, pemasar, dan produsen serta menyadari tren atau perkembangan saat ini definisi desain grafis.

Desain Motion Grafis

Sederhananya definisi desain grafis, motion grafis adalah gambar yang bergerak, ini mencakup animasi,audio, tipografi, citra dan video serta efek lain yang digunakan dalam media online, televisi dan film untuk kepopularitasan media agar terus maju berkembang dalam beberapa tahun terakhir karena peningkatan dari teknologi dan konten video yang merajai media masa.

Pendesain motion grafis adalah bagian baru dalam bidang desain grafis yang berfungsi sebagai pencipta desain gerak untuk tv dan film, teknologi maju yang punya pengurangan waktu produksi dan cost, membuat bentuk seni lebih mudah terakses dan lebih terjangkau. Sekarang, motion grafis adalah salah satu jenis terbaru dari desain grafis dan bisa ditemukan melalui digital platform yang mana telah dibuat berbagai jenis bidang dan peluang baru.

Contoh Desain Motion Grafis

  1. Urutan Judul dan kredit Akhir
  2. Advertisements
  3. Animasi Logo
  4. Trailers
  5. Persentasi
  6. Video Promosi
  7. Tutorial Video
  8. Website
  9. Aplikasi
  10. Video game
  11. Banner
  12. Gift

Pendesain motion grafis mulai dengan mengembangkan storyboard lalu membawa konsep untuk sebuah animasi, video dan seni tradisional. Bergantung pada industri, kerja keras yang butuh pengetahuan tentang pemasaran, pengkodean, dan pemodelan 3d yang pasti menjadi aset desain grafis.

Desain Grafis Enviromental

Tampilan visual dari desain grafis environmental menghubungkan orang-orang ke tempat perubahan atas tingkatan seluruh pengalaman mereka dengan membuat ruang lebih berkesan, berdaya tarik, informatif atau kemudahan navigasi. Desain environmental termasuk jenis desain grafis seperti beberapa contoh berikut:

Contoh Desain Grafis Environmental

  1. Signage atau rambu-rambu
  2. Wall Mural
  3. Eksibisionis musium
  4. Branding Office
  5. Navigasi transportasi publik
  6. Interior toko retail
  7. Branding stadion
  8. Event dan ruang konferensi

Menemukan jalan terbaik dari jenis desain grafis yang spesifik dalam lingkungan desain harus konsisten menerapkan rambu-rambu dari strategi yang telah dibuat, landmark dan isyarat visual yang akan membantu mengidentifikasi dari mana dan kemana harus bergerak tanpa kebingungan.

Desain grafis environmental memiliki praktik yang punya banyak kedisiplinan yang menggabungkan trafik, arsitektur, interior, lansekap dan desain industri. Pendesain berkolaborasi dengan orang-orang yang berbagai bidang untuk merencanakan dan mengimplementasikan desain mereka. Karena itu, tipikal pendesain memiliki pendidikan dikedua desain grafis dan arsitektur.

Mereka mesti ramah dan kenal dengan konsep desain industri dan mampu untuk membaca dan mensketsa rencana-rencana arsitektural. Secara metode lama desain grafis environmental telah menghasilkan dalam bentuk cetak, tetapi tampilan digital sangat interaktif selanjutnya kenaikan popularitasnya sebagai sarana menciptakan pengalaman yang menarik.

Art (Seni) dan Ilustrasi Untuk Desain Grafis

Seni Grafis dan ilustrasi sering terlihat sama dalam bidang desain grafis, namun memiliki perbedaan. Pendesain membuat komposisi untuk berkomunikasi dan menemukan solusi masalah, Desainer dan ilustrator membuat artwork original.

Seninya dalam bentuk dari seni rupa hingga dekorasi untuk ilustrasi storytelling. Bahkan dari seni grafis dan ilustrasi tidak memiliki jenis teknik dari desain grafis, jadi dibuat untuk penggunaan komersial dengan konteks desain grafis.

Contoh Seni dan Ilustrasi Desain Grafis

  1. Desain T-shirt
  2. Patterns untuk tekstil grafis
  3. Motion Grafis
  4. Stock Gambar
  5. Novel Grafis
  6. Video Games
  7. Website
  8. Buku Komik
  9. Album Art
  10. Cover Buku
  11. Buku gambar
  12. Infografis
  13. Teknik ilustrasi
  14. Konsep art

Definisi desain grafis. Pendesain grafis menggunakan kombinasi media dan teknik apapun untuk menciptakan karya saat berkolaborasi dengan penulis, editor, manajer, pemasar dan direktur dari semua jenis desain grafis. Mereka punya dasar seni rupa, animasi atau arsitektur.

Keterampilan dan aplikasi yang tumpang tindih memungkinkan untuk menemukan pendesain grafis yang juga bekerja sebagai pendesain grafis dan ilustrator serta sebaliknya.

Kesimpulan

Itulah penjelasan definisi desain grafis. Desain grafis merupakan bidang yang terus berkembang, dan permintaan untuk spesialisasi dan kemampuan pendesain yang meningkat.

Ketika melihat orang yang betul-betul mengambil peran desain, tau jenis perbedaan dari desain grafis yang akan membantu mengidentifikasi spesialisasi yang dibutuhkan. Inilah akhir dari artikel definisi desain grafis.

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.