Contoh Stempel Sebagai Bukti Pengesahan yang Punya Sejarah

Ingin buat stempel? Lihat cara memilih contoh stempel!
Contoh Stempel
Contoh stempel

Contohdesain.my.id – Salah satu contoh stempel yang sering dan umum Sahabat Contohdesainer lihat adalah berbentuk sebuah lingkaran. Biasanya digunakan untuk instansi seperti, sekolah, pemerintahan hingga lembaga, karena stempel menjadi alat pengesah. Hampir semua menggunakannya. Bahkan, sampai ke surat perjanjian. Bahan pembuat stempel seperti kayu yang diukir pada bagian depan contoh stempel dan tinta sebagai capnya.

Apa itu stempel ?

Penggunaan peralatan contoh stempel tidak pernah lupa sama sekali. Sebenarnya, Apa itu stempel mengapa keberadaannya memiliki peran penting untuk berbagai situasi dan kondisi. Setiap ada dokumen penting pasti ada cap tersebut. Menarik bukan apa itu stempel?

Menurut pengertiannya, stempel merupakan sebuah peralatan kearsipan mempunyai sebuah ukiran berupa gambar, tulisan, atau juga keduanya, menggunakan tinta. Meninggalkan sebuah jejak pada sebuah dokumen. Sehingga, berkas tersebut bersifat resmi.

Tidak hanya itu saja, di mata hukum punya kekuatan penuh. Sebagai contoh stempel di sebuah perusahaan saat melakukan pelunasan pembayaran. Dalam kwitansi pasti akan dibubuhkan cap di atas tanda tangan.

Bila suatu saat pihak perusahaan itu menggugat Sahabat Contohdesainer soal pelunasan tersebut. Jika, sampai persidangan. Tidak perlu khawatir cukup membuktikan kwitansi dengan cap sudah sangat kuat. Bahwa, hutang itu sudah lunas.

Akan lain cerita bila tidak menggunakannya. Bisa saja Sahabat Contohdesainer akan dituduh untuk memanipulasi bukti lunas tersebut. Karena, penting jangan lupa meminta segel terakhir. Agar tidak dapat dituntut di kemudian hari.

Bila dirunut dari jejak sejarahnya sebenarnya, alat pengesahan tersebut sudah ada sejak lama. Bahkan, sejak zaman prasejarah sudah digunakan. Hal itu dapat dibuktikan melalui hadirnya berbagai macam artefak. Nah, sudah tahukah Sahabat Contohdesainer apa itu stempel?

Sejarah dan Contoh Stempel Masa Lalu

Ilmu pendidikan sendiri mengenal istilah Sigillography. Ilmu yang mempelajari tentang cap, materai, atau stempel. Menurut pengetahuannya nama dari alat itu berasal dari berbagai bahasa hanya saja punya makna sama.

Penggunaannya pertama kali adalah Dinasti Ying dan Yang berasal dari Tiongkok. Pada waktu itu, mereka sudah punya sebuah logo. Sebelum dibubuhkan ke dalam dokumen. Akan dicelupkan ke tinta terlebih dulu.

Selanjutnya, ditempelkan di atas kertas sebagai sebuah dokumen resmi dan sah. Termasuk juga, pada saat penyampaian berita. Tanpa tanda cap maka, penyampaian tersebut dianggap ilegal atau tidak sah.

Pada masa Dinasti Ying dan Yang, segala informasi kepada masyarakat ditahan sedemikian rupa. Tidak semuanya dapat mengakses dan diberitakan. Contoh stempel waktu itu hanya bergambar logo kerajaan saja.

Menggunakan sebuah balok sebagai alat untuk mengukir logo tersebut. Kerjaan ini juga belum menggunakan amplop. Jadi, sebuah surat hanya digulung atau dilipat begitu saja. Kemudian, bagian luarnya dibubuhkan cap.

Atau stempel penyegelan sebagai tanda bukti bahwa, surat itu adalah sah sang raja kepada orang yang tertuju didalamnya. Saat ini zaman sudah berkembang, hanya saja pemakaian tinta masih diperlukan.

Bahkan, tetap menjadi bahan pembuat stempel terpenting untuk membuat alat pengesahan ini. Tidak hanya tinta, masih ada beberapa bahan pembuat stempel lain dalam proses pembuatannya. Termasuk peralatan pendukung agar dalam prosesnya mudah untuk dicetak.

Baca Juga: Corak kehidupan masyarakat praaksara

Bahan Pembuat Stempel Serta Contohnya

Proses pembuatan dari cap ini Sahabat Contohdesainer harus mempersiapkan berbagai bahannya terlebih dulu. Seperti, gagang di mana hal ini juga sangat penting diperhatikan. Fungsinya sangat besar yaitu sebagai tempat untuk karet.

Dengan hadirnya gagang ini, semua orang akan merasa nyaman dalam menggunakannya. Sahabat Contohdesainer dapat membuatnya sendiri atau lebih baik beli. Harganya tidak terlalu mahal, maksimal hanya Rp20 ribu, untuk kualitas premium.

Tersedia berbagai bentuk ada yang oval, persegi panjang, sampai bulat. Bahan pembuat stempel selanjutnya adalah karet khusus. Di buat sedikit kaku dan kenyal, mudah dipotong dengan sebuah alat.

Hanya saja harus terkena sinar flash terlebih dulu untuk memudahkan proses pemotongan tersebut. Penggunaan karet disini sangat penting yaitu, menyimpan tinta didalamnya agar dapat digunakan. Jadi, pastikan kualitasnya baik.

Sudah banyak contoh stempel dengan karet tidak bagus. Hasilnya juga sangat mengecewakan. Bila tetap dilanjutkan, bisa jadi perusahaan Sahabat Contohdesainer akan mendapatkan nama buruk karena, dianggap kurang profesional.

Kertas Kalkir dan Mika merupakan pasangan dalam pembuatan cap. Tidak dapat dipisahkan karena, memilki peran sebagi bagian dalam pencetakannya di printer. Bahan pembuat stempel terakhir, seperti yang sudah disebutkan adalah Tinta.

Ada banyak warna bisa Sahabat Contohdesainer pilih hanya saja kebanyakan instansi memakai warna biru Walau beberapa lainnya menggunakan warna hijau, kuning, merah dan masih banyak lagi. Bila bahan pembuat stempel tersebut dihitung semua.

Kurang lebih Sahabat Contohdesainer membutuhkan biaya pembuatan Rp20 ribu sampai Rp30 ribu. Kemudian, dijual dipasaran dengan harga Rp100 ribu. Keuntungannya cukup tinggi dan hampir setiap industri bahkan, per divisi sangat membutuhkan.

Baca Juga: Doa agar suami ingat istri terus

Alat Pembantu dan Contoh stempel

Setelah mengerti apa saja bahan yang digunakan saatnya Sahabat Contohdesainer mengetahui alat pendukungnya. Karena, tanpa bantuan membuat stempel cukup sulit. Pertama, di mulai dari Komputer atau laptop.

Peralatan elektronik ini sangat penting kegunaannya untuk membuat sebuah desain. Bagaimana gambar serta tulisan yang akan digunakan. Untuk aplikasinya sendiri cukup banyak, dapat dipilih sesuai dengan teknik penguasaannya.

Hanya saja, jangan cari yang sembarangan usahakan mempunyai dukungan penuh. Setidaknya di atas 2 juta sudah cukup bagus. Agar contoh stempel ini terlihat bagus jangan lupa sediakan alat pemotongnya.

Gunakan Gabus atau Styrofoam lebih baik dibandingkan dengan cutter biasa. Hasilnya jauh lebih rapi. Secara tampilan dan kualitas pasti lebih bagus hal ini juga akan berpengaruh pada harga.

Coba saja hasil potongan kurang pas, pasti banyak yang komplain tidak akan membeli lagi di tempat Sahabat Contohdesainer. Selain itu, tinta pada cap sendiri juga akan segera habis kalau pemotongannya asal.

Selanjutnya adalah mesin flash memang akan membuat gosong tetapi, karena hal tersebut membuat logo serta namanya jadi semakin terlihat. Untuk harganya sendiri sekitar Rp2 juta.

Terakhir adalah printer yang diperlukan sebagai pencetakan hasil desain ke bahan kalkir. Usahakan yang jenis laserjet untuk harganya sendiri ditaksir mencapai Rp2 juta. Setelah semuanya sudah dipunyai, siap untuk membuatnya.

Baca Juga: Secangkir kopi motivasi saya menulis

Fungsi Serta Beberapa Contoh stempel

Penggunaan cap sata ini memang sangat penting, digunakan sebagai bukti sah untuk segala jenis dokumen. Bila ada kesepakatan atau perjanjian kontrak dengan perusahaan atau perorangan yang melibatkan pengacara.

Usahakan untuk meminta bukti pengesahannya dengan dibubuhkan cap. Selain itu, stempel ini sendiri sebagai bentuk pertanggung jawaban. Seseorang terhadap apa yang sudah dituliskan. Jika, melanggar bisa dilaporkan ke pihak berwajib.

Contoh dalam perjanjian sesuatu pihak kedua wajib untuk membayar Sahabat Contohdesainer setiap bulan selam 10 kali. Tetapi, saat pembayaran ke 5 mereka menghilang. Sahabat Contohdesainer bisa melacak dan melaporkannya ke polisi dengan bukti tersebut.

Dengan begini mereka tidak dapat melakukan penipuan atau hal lainnya. Selain itu, pemberian cap juga bisa sebagai bukti identitas. Biasanya, dalam stempel terdapat logo dan nama perusahaan semua tertera jelas.

Kesempatan untuk lari dan tidak bertanggung jawab sangat kecil. Kekuatannya akan semakin sempurna bila ditambahkan juga dengan materai. Untuk jenisnya sendiri ada 4 yaitu Runaflek atau manual.

Ada juga Embos, cukup dibubuhkan di atas kertas sudah akan muncul tanpa perlu tinta. Stempel Lax atau Wax biasanya ada dalam berbagai film Eropa. Terakhir adalah jenis modern atau disebut juga dengan flash.

Alat pengesahan ini memang punya peran penting. Bahkan, menurut sejarahnya sudah digunakan sejak Dinasti Ying dan Yang. Salah satu Contoh stempel yang beredar berada di perusahaan untuk berbagai dokumen.

Kesimpulan Stempel

Tidak hanya perlu tetapi stempel sangat perlu sebagai alat pengesah dokumen, berbagai macam rupa dan bentuk contoh stempel beredar dipasaran. Sahabat Contohdesain jika telah punya perusahaan maka wajib hukumnya memiliki stempel.

Nah, Sahabat Contohdesain telah mengetahui apa itu stempel, bahan pembuat stempel dan contoh stempel maka sudilah Sahabat Contohdesain memberi respon atau komentar dibawah.

Sponsored Post: Berbisnis Properti

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.

Please disable your adblocker or whitelist this site!