contoh postcard

Pengertian, Ukuran dan 100 Contoh Postcard

Saran contoh postcard | ukuran postcard
Saran contoh postcard | ukuran postcard

Sebelum menampilkan contoh postcard simak dahulu teorinya

Bagaimana jika perasaan anda sedang senang dan memiliki hadiah berupa puisi dengan hiasan disurat. Post card adalah solusinya, buat sebaik dan secantik mungkin. Anda sudah tepat berada dihalaman ini, karena saya akan membagikan contoh postcard. Terlebih dahulu membaca teori dari postcard dan ada sumber referensinya di Wikipedia.

Pengertian Postcard

Postcard adalah suatu selebaran yang terbuat dari kertas karton tebal yang berbentuk persegi panjang. Umumnya, kartu pos ini dibuat lebih menarik ketimbang amplop. Untuk itu, postcard atau kartu pos ini lebih sering digunakan oleh para pengguna surat untuk berkirim pesan melalui media kantor pos.

Penggunaan kartu pos ini sudah dikenal sejak lama. Dahulu, postcard atau kartu pos ini digunakan sebagai kertas pembungkus untuk isi surat yang akan dikirim. Sebab, isi surat yang tidak dilengkapi kertas pembungkus ini akan menyulitkan kantor pos untuk mengirimkannya.

Seiring dengan kemajuan zaman, desain kartu pos atau postcard ini pun mengalami perubahan yang cukup pesat. Salah satu perubahan yang cukup mencolok ada di bagian depan. Sebab, Anda dapat menuliskan nama, alamat, tujuan pengiriman, dan lembar perangko di bagian depan. Sehingga, memudahkan Anda untuk pengisian data diri dan perangko surat.

Sejarah Postcard atau Kartu Pos Menurut Ahli

Memang, penggunaan postcard atau kartu pos ini telah dibuat sejak era 1860-an. Penggunaan postcard ini digunakan untuk memudahkan kantor pos untuk berkirim surat. Sebab, tahun 1860-an ini menjadi era awal dari kepopuleran surat untuk berkirim kabar dari jauh.

Baru di tanggal 1 Oktober 1869, postcard atau kartu pos ini mulai diproduksi secara massal di Austria dan diperjualbelikan secara bebas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian postcard atau kartu pos ini adalah kartu yang digunakan sebagai media berkirim surat.

Melalui kartu pos ini, Anda dapat berkirim pesan dengan saudara atau teman tanpa ada batasan jarak dan waktu. Nah, banyak orang yang memiliki hobi untuk mengumpulkan kartu pos dari berbagai tahun dan Negara. Pengoleksi kartu pos atau postcard ini disebut dengan deltiologi.

Baca juga: name badge png

Pilihan Ukuran Postcard Sesuai Standar

Berkirim surat melalui kantor pos ini memang terdapat aturan tersendiri. Salah satunya adalah ukuran surat yang akan dikirim. Apabila Anda menggunakan postcard atau kartu pos maka ada beberapa pilihan ukuran yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat ke kantor pos. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Ukuran Standar Indonesia

Ukuran postcard standar Indonesia ini sekitar 4 inch x 6 inch. Postcard jenis ini biasanya digunakan untuk mengirimkan foto atau dokumen yang berukuran kecil. Jadi, Anda tak perlu menggunakan kartu pos berukuran besar apabila dokumen atau foto yang akan Anda kirim berukuran kecil.

  • Ukuran Standar Internasional

Sesuai dengan pengertian postcard menurut para ahli. Ukuran postcard Internasional ini lebih kecil dibandingkan dengan ukuran postcard standar Indonesia. Ukuran standar Internasional ini berkisar antara 5,8 inch x 4,1 inch.

  • Ukuran Standar Amerika Serikat

Negeri Paman Sam pun memiliki ukuran standar penggunaan postcard. Ukuran postcard standar Amerika Serikat ini memiliki ukuran lebih panjang, namun tidak terlalu lebar. Ukuran postcard standar Amerika Serikat ini sekitar 6 inch x 4,25 inch.

Tips Memilih Desain Postcard atau Kartu Pos

Salah satu bagian yang menarik saat berkirim surat ada pada desain postcard atau kartu pos. Sebab, desain kartu pos ini menggambarkan kualitas dari isi surat tersebut. Sehingga, penerima surat merasa dihargai oleh pengirim.

Karena desain kartu pos yang unik ini tentu akan selalu terkenang dan disimpan sebagai kenang-kenangan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui tips memilih desain postcard atau kartu pos yang disukai oleh banyak orang.

Menurut pengertian postcard beserta fungsinya, tips memilih desain postcard ini harus sesuai dengan tujuan dan isi surat. Apabila isi surat tersebut bertujuan untuk mengutarakan perasaan kepada pasangan. Maka, pilih desain postcard bergambar hati atau berwarna pink. Sebab, kedua jenis postcard melambangkan arti cinta atau kasih sayang kepada pasangan.

Tips Memilih Ukuran Postcard atau Kartu Pos

Kemudian, pilih ukuran postcard atau kartu pos sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda berkirim surat atau foto berukuran sedang. Maka, Anda dapat menggunakan jenis postcard standar Indonesia yang berukuran 4 inch x 6 inch.

Jangan lupa, perhatikan pula desain postcard serta gradasi warna. Postcard yang menarik untuk dilihat adalah jenis postcard yang tidak tidak terlalu banyak perpaduan warna dan menggunakan desain animasi atau tokoh kartun lucu.

Setelah memilih jenis postcard, kemudian cari perangko yang memiliki warna dan desain selaras dengan kartu pos Anda. Sesuai dengan pengertian postcard dari para ahli bahwa berkirim surat wajib menggunakan perangko. Jadi, pastikan terlebih dahulu tujuan serta harga perangko yang digunakan.

Apabila Anda berkirim surat dengan tujuan kota-kota Indonesia maka gunakan perangko Rp7.000. Apabila tujuan surat dikirim ke Negara Asia. Maka, gunakan perangko Rp8.000. Dan jika tujuan surat ini dikirim ke Benua Eropa dan Amerika, silakan menggunakan perangko Rp10.000.

Kelebihan Menggunakan Postcard dalam Berkirim Surat

Menurut pengertian postcard atau kartu pos ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan postcard atau kartu pos ini dirasa memiliki peran penting dalam urusan berkirim surat. Sebab, kemasan surat tampak praktis, simpel, dan elegan dibandingkan dengan amplop.

Loading...

Sebab, kartu pos kini di desain sedemikian rupa sehingga membuat penerima surat lebih terkesan dan menganggap surat yang Anda kirim ini memiliki arti spesial. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan postcard.

Salah satunya adalah harga beli dari postcard yang terbilang sangat murah. Untuk harga 1 postcard ukuran standar ini dibanderol sekitar Rp10.000 hingga sekitar Rp25.000, tergantung desain dan motif postcard. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk menuliskan nama penerima surat, alamat yang dituju, serta letak perangko surat.

Sebab, semua telah disediakan pada bagian depan postcard. Sehingga, Anda hanya perlu mengisinya saja. Kemudian, Anda harus menempelkan perangko terlebih dahulu sebelum berkirim surat.

Menurut pengertian postcard atau kartu pos ini, Anda dapat mengantar surat dan memasukkan surat ke kotak pos. Selain itu, Anda juga dapat mengantarkan surat yang akan Anda kirim melalui kantor pos cabang terdekat.

Baca juga: sketsa gambar binatang gajah

Tips Menggunakan Contoh Postcard yang bagus dalam Berkirim Surat

Penggunaan postcard atau kartu pos ini juga perlu diperhatikan ketika akan digunakan. Salah satunya adalah karena ukuran postcard. Ukuran postcard yang terlalu kecil ini menyulitkan Anda untuk berkirim surat seukuran kertas HVS.

Lalu, ukuran postcard yang terbilang cukup kecil ini dapat menyebabkan surat yang Anda kirim bisa saja hilang. Untuk itu, penggunaan postcard ini tidak cocok untuk Anda yang berencana mengirim surat seukuran kertas HVS. Ada baiknya untuk menggunakan amplop apabila Anda mengirimkan surat seukuran kertas HVS. Satu lagi yang bagus saat mengirim postcard usahakan meletakkan kartu nama atau name tag anda untuk media promosi

Pengertian postcard atau kartu pos merupakan kertas pembungkus yang didesain secara unik dan menarik . Desain unik dan menarik ini tentu saja bertujuan agar pembaca surat ini akan lebih tertarik untuk membaca isi surat.

Setelah membaca isi surat yang Anda kirim, pembaca pasti akan menyimpan kartu pos yang Anda kirim. Sebab, desain postcard yang Anda kirim ini memiliki desain lucu dan menggemaskan. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu ukuran postcard beserta dengan fungsi, jenis, dan tipenya.

Contoh Postcard #1

contoh postcard

Emang kalau sudah cinta apapun terasa indah, ntah itu cinta sama kekasih, pacar, ibu bahkan cinta terhadap harta. hehhehe! Postcard seperti ini bahkan akan membuat hadiah surat anda akan sangat menarik untuk dibaca.

Seperti kebanyakan desain pasti memakai latar belakang berwarna sebab akan terlhat bersih. Dan disertakan juga garis kosong untuk menulis isi pesan anda.

Contoh Postcard #2

contoh postcard

Untuk tema postcard kedua ini adalah bertemakan cinta yang sangat cocok untuk diberikan kepada kekasih.

Dengan menampilkan gambar memegang icon love atau cinta menunjukkan keseriusan yang amat serius. Ukuran postcard itu berapa, bisa anda baca dipenjelasan diatas.

Contoh Postcard #3

ukuran postcard itu berapa

Masih dengan tema cinta contoh postcard memiliki latar belakang putih dan biru terong. Secangkir cinta menambah kesan view pada kartu pos dan tiga buah roti yang diikat pita cinta berwarna merah.

Warna putih pada latar belakang berguna untuk menulis kata-kata atau isi dari postcard yang ditulis. Untuk menambah kesan maka diletakkan pensil sehingga mockup kartu post telihat menarik.

Contoh Postcard #4

contoh postcard

Dilengkapi mockup membuat contoh postcard ke 4 membuat cantik dan elegan kartu post ini. Background putih dipadukan pada warna merah cerah terlihat sangat bagus.

Tulisan itu merupakan tempat untuk meletakkan kata kata anda kepada si penerima.

Contoh Postcard #5

contoh postcard

Sebuah pita besar yang satu berwarna merah sedangkan satu lagi dengan opacity merah sekitar 30% menambah dekorasi kartu post tersebut. Ada juga dipojok kanan tempat meletakan pas photo pengirim.

Tertulis kalimat tentang kami adalah nama pengirim postcard dan taglinenya berisikan kata-kata mutiara dan sebelah kanan adalah nomor telp dan alamat ditambah kolom untuk menulis pesan.

Contoh Postcard #6 #7 #8…. #100 segera hadir masih tahap pendesainan