Contoh Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna seperti katak, nyamuk, dan kupu-kupu. Fase hidupnya terdiri dari telur, larva, kepompong, dan hewan dewasa.

3 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Sahabat contoh desainer tentunya sudah pernah memperoleh pelajaran tentang hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sewaktu di bangku sekolah. Berdasarkan keterangan dari Encyclopedia Britannica, metamorfosis memiliki arti perubahan bentuk seekor spesies binatang dari fase larva menjadi hewan dewasa. Beberapa spesies amfibi dan serangga mengalami perubahan (metamorfosis) jenis ini.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Berdasarkan pada bentuk perubahannya, proses metamorfosis sendiri terbagi menjadi dua macam jenis yaitu sempurna dan tidak sempurna. Dalam metamorfosis sempurna, terjadi perubahan bentuk dari fase satu ke fase lainnya secara signifikan. Tahapan perubahannya diawali dari telur menjadi larva kemudian pupa lalu fase terakhirnya hewan dewasa sempurna.

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan dengan urutan transformasi dari telur, nimva, lalu menjadi hewan dewasa. Nah, kali ini admin contoh desainer akan memberikan contoh-contoh mengenai serangga maupun amfibi dengan metamorfosis sempurna. Tujuannya agar sahabat contoh desainer lebih mengetahui daur hidup makhluk hidup di sekitar.

Daur Hidup Kupu-Kupu, Hewan Jenis Serangga

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Contoh Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang pertama adalah hewan yang bernama kupu-kupu. Kupu-kupu merupakan jenis serangga yang memiliki bentuk cantik sehingga banyak dikagumi orang-orang. Daur hidup dari sebuah binatang ini dimulai dari sebuah fase telur. Fase ini akan mengalami perubahan dalam 3 hingga 5 hari menjadi larva berbentuk ulat.

Ketika menjadi ulat, ia akan hidup di berbagai tanaman atau pepohonan dan memperoleh makanan dengan cara memakan dedaunan. Pada fase larva ini ulat akan mengalami pergantian kulit sampai 5-6 kali. Nah, ulat tersebut kemudian akan bertransformasi kembali menjadi kepompong.

Kepompong biasanya dapat sahabat contoh desainer temukan di dalam dedaunan yang menggulung. Fase ini umumnya terjadi selama 20 hari. Setelah 20 hari, kemudian kepompong tersebut akan berubah menjadi seekor kupu-kupu dewasa. Bentuknya sudah sempurna dengan dua sayap yang terbang dengan cantiknya.

Daur Hidup Nyamuk yang Cukup Singkat

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna
Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Contoh Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna berikutnya yaitu nyamuk. Binatang ini dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Sebenarnya, daur hidup binatang ini dari telur menjadi nyamuk dewasa cukup singkat yakni berlangsung dalam 8 sampai 10 hari. Fase hidupnya berawal dari telur, jentik, pupa, dan nyamuk dewasa.

Telur dihasilkan oleh nyamuk betina di air. Sekali bertelur nyamuk betina bisa mengeluarkan hingga 100 butir dan jika bertahan akan memasuki fase berikutnya yaitu jentik. Telur-telur tersebut juga akan berubah menjadi sebuah jentik nyamuk dalam jangka waktu 48 jam atau dalam jangka waktu 2 hari saja.

Loading...

Fase larva yang bentuknya jentik nyamuk akan mengalami pergantian kulit sebanyak 4 kali. Setiap berganti kulit bentuknya akan kian membesar. Jentik tersebut akan bertransformasi menjadi kepompong atau pupa. Tahap ini juga sering dikenal dengan fase istirahat dalam daur hidup nyamuk.

Selanjutnya pupa akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Sesudah menjadi hewan dewasa, nyamuk tidak langsung dapat terbang tetapi menunggu sampai seluruh bagian tubuhnya menjadi keras dan kuat. Setelah mengeras ia akan mampu terbang. Butuh beberapa hari agar nyamuk dewasa bisa menghisap darah dan melakukan perkembangbiakan.

Baca Juga: Membuat 2 Kartun Dari Sketsa Gambar Kartun

Daur Hidup Katak, Hewan Berjenis Amfibi

Contoh Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna lainnya adalah katak. Katak termasuk dalam hewan yang tergolong dalam jenis hewan amfibi, artinya hewan ini bisa hidup di dua alam darat dan juga bisa hidup di alam air. Daur hidup binatang ini dimulai dari telur, larva (kecebong), pupa, dan katak dewasa.

Katak betina akan bertelur di air dan membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk menetas menjadi kecebong. Kecebong adalah hewan yang hidup di air dan juga bernafas dengan menggunakan sebuah insang. Kecebong akan bertransformasi menjadi pupa dalam satu bulan. Fase pupa katak muda telah memiliki 4 kaki dan akan berubah menjadi katak dewasa dalam 3 minggu.

Daur hidup binatang terdiri dari fase yang berbeda-beda. Meskipun bentuknya berbeda antara satu hewan dengan yang lain, tetapi prinsipnya tetap sama yaitu metamorfosis sempurna. Dengan mengetahui contoh contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, sahabat contoh desainer bisa lebih memahami lingkungan sekitar.

Sponsored site : Berbisnis properti