Tutorial Cara Mendesain Website, Hanya Butuh 5 Langkah

5 Langkah yang harus diketahui untuk membuat website
cara mendesain website

Contohdesain.my.id – Berbagai informasi tentang cara mendesain website banyak dicari saat ini baik oleh individu maupun perusahaan. Apalagi sudah banyak orang mengetahui memiliki web sangat menguntungkan untuk berbagai tujuan. Tidak sekedar memiliki website saja namun harus dikelola dengan baik agar menjadi berkualitas dan banyak dikunjungi.

Kesuksesan sebuah web agar trafficnya tinggi ditentukan oleh desain sebagai wajah utama dari websitenya. Serta konten berkualitas sehingga pembaca merasa informasi yang ada akurat dan dapat dipercaya. Tampilan pada halaman web mudah dibaca serta nyaman untuk mata menjadi nilai plus tersendiri dari pembaca.

Cara Mendesain Website

Desain web dibuat seadanya tanpa memperhatikan tata letak, isi, pemilihan warna serta berbagai aspek lainnya tentu terlihat berantakan. Kesempatan dikunjungi pembaca untuk melihat apa saja konten Sahabat Contohdesainer menjadi sangat minim bahkan tidak mungkin. Disarankan kalau memang niat membuat sebuah website perhatikan dan kelola dengan baik.

Jangan sampai konten sudah berkualitas namun karena tampilannya berantakan membuat pembaca menjadi malas melanjutkan. Pelajari banyak hal tentang cara mendesain website dari berbagai sumber agar hasilnya maksimal. Tata letak serta berbagai hal pendukung dalam desain dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga sangat menarik pembaca.

5 Langkah Sederhana Membuat Desain Website Menjadi Keren

Tampilan awal pada website Sahabat Contohdesainer dianggap sebagai wajah dari konten dan informasi yang ada di dalamnya. Apalagi jika digunakan untuk berbisnis, mempromosikan produk, memperkenalkan perusahaan jasa dan informasi penting yang mendidik. Buatlah web berkualitas serta menarik hanya dengan memakai 5 langkah saja di bawah ini.

Temukan web hosting berkualitas

Salah satu cara mendesain website semenarik mungkin adalah dengan menemukan web hosting paling tepat. Jangan mencari provider web hosting berdasarkan harga termurah karena harusnya kualitas menjadi poin utama. Lakukan riset sendiri untuk melakukan perbandingan provider A dengan provider B mana paling tepat.

Tentukan platform

Langkah kedua menentukan platform untuk membuat website yang mudah dipelajari terutama bagi pemula. Jika Sahabat Contohdesainer bingung, direkomendasikan memakai WordPress karena pengembangannya sangat mudah, sudah banyak digunakan dan berbagai tipe konten. WordPress menawarkan kemudahan membuat website dengan berbagai tools untuk desain bahkan seperti profesional.

Install tools sesuai kebutuhan

Menggunakan tools seadanya membuat tampilan kurang lengkap, tidak menarik dan dianggap tidak berkualitas. Sebaiknya install tools tambahan sesuai dengan kebutuhan namun ingat jangan terlalu berlebihan juga. Tentukan tema yang sesuai dengan style websitenya, jangan asal memilih namun harus cek terlebih dahulu bagaimana reviewnya.

Buatlah Mockup

mockup
Mockup

Cara mendesain website selanjutnya adalah membuat Mockup (sketsa tampilan dibuat secara manual). Sketsa tidak harus detail namun cukup buat gambaran elemen apa saja yang akan dimasukkan dengan penuh pertimbangan. Pada bagian ini Sahabat Contohdesainer bisa mengedit sampai puas agar mendapatkan tampilan serta desain paling tepat.

Membuat prototipe desain

prototipe

Langkah terakhir membuat prototipe desain yaitu memindahkan hasil mockup ke dalam bentuk digital. Pembuatan prototipe desain merupakan poin penting untuk menentukan apakah layout sesuai atau tidak. Buatlah tampilan menarik secara umum terutama pada elemen yang akan dimasukkan dan detailnya bisa setelah proses ini selesai.

Lakukan Pengecekan untuk Memastikan Desain Website Sudah Bagus

Setelah Sahabat Contohdesain menyelesaikan 5 langkah di atas sebaiknya melakukan pengecekan tampilan mobile memakai smartphone. Tidak hanya mengecek tentang tampilan namun juga memastikan apakah tools yang ada berfungsi dengan baik. Hal ini karena mobile traffic pengaruhnya sedang meningkat karena penggunaan smartphone yang semakin berkembang.

Pastikan desain websitenya bagus meskipun resolusi pada layar smartphone rendah dibandingkan memakai komputer. Jangan sampai tampilannya berantakan sehingga membuat pembaca tidak tertarik bahkan kesulitan memakai tools. Risikonya bounce rate semakin tinggi dan hal inilah biasanya paling dihindari pada saat membuat website dengan serius.

Baca Juga : https://contohdesain.my.id/desain-logo-menarik

Jika Sahabat Contohdesain menggunakan WordPress yang sudah mobile friendly maka saat membuat desain otomatis menyesuaikan dengan tampilan mobile. Sahabat Contohdesain tidak perlu repot menyesuaikan lagi namun jangan abaikan tahapan akhir pengecekan ini. Tujuannya agar tampilan benar-benar maksimal, berkualitas, tertata rapi serta sesuai dengan keinginan Sahabat Contohdesain. Banyak cara dan tempat untuk menemukan panduan cara membuat website

Kesimpulan

Mendesain web semenarik mungkin mampu meningkatkan traffic tinggi karena memberikan kesan profesional. Berikan kesan awal yang baik agar pembaca betah berlama-lama membaca setiap konten dengan berbagai dukungan tools. Tidak perlu membayar mahal karena Sahabat Contohdesain bisa belajar cara mendesain website dari berbagai sumber lalu coba praktekkan.