belajar adobe illutrator
Illustrasi belajar adobe illutrator

1 Langkah Belajar Adobe Illustrator

Ayo kita belajar adobe illustrator, simak langkah demi langkah!
Ayo kita belajar adobe illustrator, simak langkah demi langkah!

Pendahuluan Belajar Adobe Illustrator Dan Cara Menggunakan Adobe Illustrator

Pembuatan adobe illustrator tidak lepas dari sukses progam sebelumnya yaitu adobe photoshop, begitu diminati para pendesain. Ada banyak yang bisa dilakukan oleh desainer dalam mendesain dengan illustrator seperti membuat brosur, flyer, banner dan lain sebagainya.

Tahun 1986 menjadi awal peluncuran illustrator, tepat pada bulan desember. Vektor merupakan ciri-ciri hasil dari penggambaran illustrator berkualitas, sebab jika diperbesar tidak akan pecah. Berbeda dengan photoshop yang mengadopsi bitmap, sehingga harus menentukan ukuran paling benar sebelum didesain.

Persyaratan Minimum Komputer Untuk Belajar Adobe Illustrator

Bagi yang sudah tidak sabar belajar illustrator sebagiknya perhatikan minimum kualitas komputer untuk menjalankan program agar tidak hang. Apalagi jika proyek mau dibuat memakai sistem 3d, tentu memberatkan dan bisa membuat komputer hang.

Prosesor pun tidak main-main supaya lancar mengoperasikan illustrator, Multicore Intel processor (with 64-bit support) atau AMD Athlon 64 processor menjadi titik minimal prosesor yang harus dimiliki. Lanjut minimum ram 8 GB of RAM (16 GB recommended) berfungsi memainkan peran vital sehingga pembacaan memori bisa lebih lancar.

Menu Pada Adobe Illustrator

Jika anda ingin mahir dalam menggunanakan illustrator untuk membuat karya desain maka dasar-dasar menu harus dikuasai agar mengerti fungsi dan kegunaannya. Seperti kebanyakan program terlebih yang sudah populer, paling terkenal itu menu bar. Karena semua software pasti memiliki menu ini untuk menjalankan berbagai fungsi-fungsi khusus, seperti membuka dokumen, meletakkan gambar, mengatur rule dan lain sebagainya.

Anda perlu menguasai teknik dasar dalam belajar adobe illustrator dan cara menggunakan adobe illustrator yang paling mudah adalah melihat video tutorial. Seringlah berlatih memahami setiap menu dan fungsinya agar saat bekerja dengan tool akan sangat membantu anda.

Belajar adobe illustrator

Menu File

Menu file berfungsi sebagai jembatan buat pendesain mengoperasikan file baru ataupun yang sudah ada agar dapat dibuka, ditutup, ataupun menyimpan perubahan. Inti menu file ini sebagai tahap awal dalam memanajemen file. Untuk mengetahui menu file dan fungsi setiap menu mari lihat gambar dibawah.

Cara menggunakan adobe illustrator

Menu new berfungsi membuat dokumen baru agar tau langkah awal cara menggunakan adobe illustrator. Disitu akan ada ukuran rekomendasi apa yang akan anda buat. Mulai dari ukuran mobile, web, print, film dan video serta art/illustration.

Menu new from template, sesuai nama menu tersebut maka berfungsi membuka file dari template atau kerangka agar mudah membuat desain. Ada banyak situs yang menyediakan template illustrator mulai gratis sampai berbayar, tapi anda bisa mencoba trialnya dahulu.

Menu open jangan dijelaskan lagi, eh tidak mengapalah, hehheh! Sesuai arti bahasa inggris “open” berarti buka merunut pada pembahasan belajar adobe illustrator maka memiliki fungsi membuka file desain format “ai” atau “eps” telah dibuat untuk keperluan pengeditan atau hal lain terhadap desain yang dibuka. Dalam pemahaman membuka dokumen disimpan sebelumnya.

Open recent files merupakan perintah membuka dokumen dari file-file yang telah dibuat berdasarkan rentang waktu terbaru. Ini sangat membantu buat membuka kembali file baru tanpa mencari letak folder untuk file tersebut.

Menu close adalah perintah menutup dokumen dan program adobe illustrator. Namun saat anda menutup program yang jika file belum disimpan atau ada perubahan maka akan tampil notifikasi menyimpan sebelum keluar.

Menu save, save as, save a copy dan save as template berfungsi menyimpan file berdasarkan keterangan lanjutan dari save. Save as artinya membuat dua file dengan nama baru, save a copy yaitu menyimpan file copy dan save as template dimaksud membuat file template.

Save selected slice adalah menyimpan potongan file yang telah dipotong terlebih dahulu menggunakan tool slice. Biasa slice atau potong berguna membuat menu-menu web yang dibutuhkan para desainer web untuk menghasilkan elemen-elemen gambar. Seperti latar belakang, warna menu (active, hover dan visited).

Baca juga: Kartun Sketsa

Menu revert berfungsi mengembalikan file ke bentuk awal atau penyimpanan terakhir pada hari itu. Berguna bila anda salah mendesain dan tidak punya file kopian. Hati-hati terhadap file anda, bila perlu buat cadangan dan simpan di file directori online, untung anda sudah membaca cara menggunakan adobe illustrator.

Jika anda ingin terhubung dan menyimpan serta melihat komunitas adobe, maka menu search adobe stock.. pilihan tepat bagi anda dalam mencari karya orang lain di adobe stock. Perlu serius untuk belajar cara menggunakan adobe illustrator dengan musik atau menyediakan kopi atau teh hangat untuk menemani anda.

Jika anda ingin menambah gambar pada jendela dokumen anda, gunakanlah place yang akan membuka folder dan mencari file yang anda perlukan. Namun ada cara lain yaitu dengan mendrag atau menggeser gambar ke area dokumen. Sangat disayangkan jika anda menggunakan photoshop diharuskan memakai place, tidak bisa mendrag gambar ke dokumen.

Baca juga: Contoh Brosur

Export adalah menu yang dipakai pada saat mengkonversi file ekstensi ai atau eps ke berbagai ekstensi seperti jpg, png, dan lain sebagainya. Terdapat tiga menu lanjutan pada export yaitu export as screen yaitu menyimpan artboard atau tempat kerja sebagai jpeg,svg, png dan yang lain. Kedua ada export as berfungsi membuat file jpeg dan png. Terakhir ada export to web untuk menyimpan file ke dalam web untuk para web desainer yang sangat membantu mereka sehingga mereka mahir bagaimana cara menggunakan adobe illustrator.

Export selection sama seperti menu export sebelum itu tetapi sesuai kata “selection” artinya mengekspor pilihan yang telah anda pilih sebelumnya melalui tool selection. Belajar adobe illustrator memang harus menguasai dasar-dasar terlebih dahulu.

belajar adobe illustrator
Membuat Paket Belajar Adobe Illustrator

Menu package adalah perintah menyimpan paket dokumen anda untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan keinginan anda. Terdapat nama file paket dan lokasi tempat tersimpanya pake tersebut, ada juga opsi copy link, copy font dan create report yang berguna menyimpan laporan.

Menu script berfungsi merubah isi file ke bentuk ekstensi lain misalnya mau merubah ke pdf maka cukup lampirkan skrip sesuai dengan fungsi masing-masing. Ini berguna saat anda mau berubah file sesuai dengan skrip yang anda dapat, ada banyak penjual skrip dengan harga berbeda-beda.

Baca juga : Contoh Name Tag

belajar adobe illustrator 2
Melihat Dokumen Setup

Menu dokumen setup memiliki suatu fungsi yaitu mengatur dokumen jika ingin merubah ukuran serta resolusi dari dokumen. Bisa juga memilih ulang preset, unit untuk cm, poin, pixel serta mengedit artboard dan banyak lagi pengaturan.

Menu document color mode yaitu menentukan mode dari warna baik mau di cetak ataupun sebagai file gambar komputer. CMYK adalah kepanjangan dari Cyan-Magenta-Yellow-black yang berguna sebagai pewarnaan dan disarankan digunakan untuk mencetak atau print dalam bentuk kertas (print-out). Nah! satu lagi sebagai color mode RGB (Red,Green,Blue) dipakai untuk mode warna digital, misal untuk website dan sosial media.

belajar adobe illustrator
Menu File Info Illustrator

Pada menu file info dapat dilihat berbagai fungsi untuk mengedit meta data desain yang mau dibuat. Ada basic, camera data, origin, iptc, iptc extension, gps data, audio data, video data, photoshop, dicom, aem properties dan raw data yang kesemuanya memiliki fungsi dan kebergunaan masing-masing. Bila penasaran langsung buka illustrator anda sebagai bekal cara menggunakan adobe illustrator.

Menu print berguna mencetak dokumen desain yang telah dibuat dengan berbagai opsi dan pengaturan. Jika anda benar mengatur dokumen untuk dicetak dan mengetahui ukuran desain maka tidak akan menemukan kesulitan setelah mulai belajar adobe illustrator.

Terakhir menu yang kita jumpai pada menu file adalah menu quit, hampir sama dengan perintah close seperti saya terangkan sebeumnya. Jika menekan menu quite atau keluar maka akan tampil peringatan jika belum menyimpan perubahan atas file desain anda.

Menu Edit

Menu edit sangat perlu untuk diketahui untuk mengetahui cara menggunakan adobe illustrator karena anda juga akan bermain disitu. Diantara menu yang sering dijumpai pada menu ini adalah edit, cut, paste dan beberapa macam menu lain yang akan saya jelaskan satu persatu.

cara menggunakan adobe illustrator

Menu undo adalah perintah untuk mengulangi kembali kejadian sebelumnya dan redo balik lagi ke perintah sebelumnya. Menu cut, copy dan paste digunakan untung memotong, mengkopi dan meletakkan pada layer yang telah anda pilih.

Khusus untuk paste in front untuk meletakkan path pada layer pada posisi atas sedangkan paste in back di posisi bawah layer, ingat ya hanya satu layer bukan ke layer lain. Khusu untuk paste in place sangat membantu karena posisi saat kita cut atau copy akan tetap setelah di paste.

Sesuai dengan nama paste on all artboards adalah menempatkan paste ke semua artboard yang telah dibuat, artboard adalah lembar kerja.

Clear digunakan untuk menghapus path atau grub yang telah diseleksi. Jika anda ingin menemukan path dan menggantinya dengan path lain maka gunakan perintah find and replace. Untuk menemukan saja tanpa menggantinya maka gunakan find next.

Untuk mengecek kata silahkan gunakan menu Spelling khusus penggunaan bahasa inggris, indonesia belum ada yang bekerja sama menterjemahkannya. Selanjutnya ada menu edit custom dictionary bisa dilihat dari artinya yaitu mengedit kamus secara kustom.

cara menggunakan adobe illustrator
Cara menggunakan adobe illustrator

Jika ingin merubah preset color sesuai kebutuhan mana pilih edit-> Edit color dan pilih sesuai kebutuhan. Sesuai fungsi edit color maka saya jelaskan sedikit Convert to cmyk adalah mengkonversi warna untuk kebutuhan print, kalau convert to Grayscale akan berwarna hitam putih dan bila anda mau menggunakannya sebagai citra komputer atau digital maka buat convert to RGB.

Baca Juga: cara menggunakan adobe illustrator pada kartu nama

Bagaimana ada penambahan ilmu untuk belajar adobe illustrator kan? Kalau saturate menurut saya akan membuat gambar lebih hidup penuh dengan warna cerah. Satu lagi yaitu invest color akan membuat warna menjadi putih mirip seperti alat scan pada keimigrasian.

Cara menggunakan adobe illustrator ada banyak metode terutama langsung aksi dengan mempelajarinya secara langsung dengan program tersebut.

Loading...
cara menggunakan adobe illustrator
Cara menggunakan adobe illustrator

Menu transparency flattener preset adalah berfungsi sebagai template sebuah preset, kita tinggal memilih rentang nilai seperti untuk gambar seni kompleks. Ada juga nilai low sampai dengan high resolution yang telah disetel sesuai nilai masing-masing. Menu print preset mengatur preset tampilan untuk file yang akan di print.

Adobe pdf preset memiliki fungsi pengaturan untuk mencetak file pdf seperti mengatur standarnya. Swf preset berguna mengatur preset untuk membuat flash atau animasi. Perspective Grid Preset adalah garis pembantu berbentuk petak banyak saling terhubung berguna membantu anda menggambar, batas setiap path atau layer.

Color setting punya kemampuan untuk mengatur warna, jika anda belajar adobe illustrator maka harus mengerti pengimplementasian color setting ini. Assign profile berfungsi mengatur warna dokumen desain jika tidak ingin menggunakannya anda bisa menghapus dan warna akan kembali sesuai pengaturan dokumen.

Menu paling membantu saya mendesain adalah keyboard shortcut karena disini saya bisa tau cara menggunakan adobe illustrator dengan mudah. Jika ingin memilih tool maka saya tinggal menekan tombol kombinasi di keyboard. Menu my setting memiliki fungsi menyimpan pengaturan untuk impor dan ekspor dokumen setting.

Baca Juga: cara menggunakan adobe illustrator pada flyer

Menu preference berguna menyetel pengaturan preferensi seperti general, selection & anchor display, type, units, guides & grid, smartguides, slices, hyphenation, plug-ins & scratch disks, user interface, performance, file handling & clipboard dan appearance of black.

General

cara menggunakan adobe illustrator
cara menggunakan adobe illustrator

General terdapat pengaturan umum mendisable auto add/delete, kursor, anti aliasing, fungsi klik dua kali untuk menampilkan isolasi layer atau group dan masih banyak lainnya.

Selection & Anchor Display

Belajar Adobe Illustrator
Belajar Adobe Illustrator

Memilih dan menampilkan anchor menurut saya pengaturan untuk seleksi seperti path. Kita bisa mengatur toleransinya dengan 3 px sebagai default. Object selection by path only artinya hanya memilih objek dari path, path itu adalah lebih kecil dari layer. Ada pilihan lain snap to point 2px, control click to select object behind mengontrol klik dengan memilih objek dibawahnya.

Dan masih banyak lain yang intinya mengatur pengaturan kursor seperti apa yang di klik, memilih objek dengan klik atau membatasi kecepatan pergerakan kursor. Ada juga zoom to select memperbesar dan memperkecil objek.

Type

belajar adobe illustrator
Belajar Adobe Illustrator

Menu type adalah pengaturan untuk tulisan yang mengatur ukuran, tracking, baseline shift sebesar minimal 2 point dan terdapat opsi bahasa asia timur dan opsi bahasa india. Untuk selebihnya lihat langsung di program agar belajar adobe illustrator menjadi tau. Saran saya gunakan pengaturan bawaan atau default.

Units

belajar adobe illustrator
Belajar adobe illustrator

Units berguna memilih tiap sub pengaturan seperti untuk umum, stroke atau garis luar dan tipe. Saya biasa memakai piksel karena lebih mudah, kan komputer memakai satuan piksel. Anda juga bisa lihat internet untuk mengkonversinya.

Guides & Grid

belajar adobe illustrator.jpg 11
Cara menggunakan adobe illustrator

Untuk yang ingin mengatur garis pemandu dan garis grid silahkan buka pengaturan Edit -> Preference -> Guides & Grid, nah disitu akan ada pemilihan warna dan gaya seperti lines. Dan garis line dengan nilai 72 point serta sub divisi 8.

Smart Guide

cara menggunakan adobe illustrator
cara menggunakan adobe illustrator

Smart guide sangat membantu kita saat menggambar objek dan membatasi artboard untuk tujuan panduan print. Anda bisa memilih opsi warna, perataan guide dan panduan objek, transform tool serta bisa mengatur toleransi snap.

Slices

belajar adobe illustrator
belajar adobe illustrator

Slices membantu desainer untuk memotong objek menjadi objek yang lebih kecil, seperti halaman web yang didesain illustrator masih dalam bentuk gambar. Mereka dipotong agar bisa dibuat program, memotong header, menu, footer atau untuk penggunaan background agar semakin mahir dalam belajar adobe illustrator.

Lebih tepat membuat gambar menjadi puzzle dan menggambar persegi panjang dari path di area grafik yang mau membuat potongan path pada layer.

Hyphenation

belajar adobe illustrator.jpg 5
belajar adobe illustrator

Illustrator menggunakan penggunaan proximity atau sebuah sensor kapan harus menulis dengan kata lain. pengguaan proximity ini memungkinkan penentuan bahasa yang berbeda hanya untuk satu karakter teks saja.

Anda dapat memilih kamus default dan menyesuaikan kamus di kotak dialog Preferensi. Untuk bahasa indonesia memang belum perlu menggunakan printah ini.

Plug-ins & Scratch Disks

belajar adobe illustrator
belajar adobe illustrator

Plug-ins & Scratch Disks diutuhkan agar dapat menjalankan illustrator saat mengakses gambar bitmap dapat mengakses ram tambahan supaya tidak hang atau lebih cepat mengaksesnya.

User Interface

belajar adobe illustrator.jpg 9
belajar adobe illustrator

User interface adalah pengaturan tampilan yang membuat user mudah mendesain di illustrator. Ada pengaturan warna seperti warna hitam, abu-abu gelap, abu abu rokok dan warna putih. Pilihan lain ada warna kanvas yang sesuai dengan pencahayaan UI danwarna putih.

Membuka dokumen di tab, tab besar, untuk penampilan ppi high, membuat skala user interface menjadi kecil atau besar. Ada juga mengatur tombol scroll dengan pilihan at two ends dan together.

Performance

belajar adobe illustrator.jpg 6

Menu performance pada menu preference adalah mengatur grafik atau GPU agar konsumsi saat membuka illustrator dapat dilakukan dengan baik sehingga tidak terjadi hang. Namun bisa saja hang terjadi jika membuka program lain dan kekurangan RAm/GPU.

Untuk mengetes anda bisa mengakses tool 3d, gerak-gerakan bila tidak terjadi hang maka GPU anda masih aman dalam membuka adobe illustrator. Dan disitu pun ada detail mengenali GPU/kartu grafis anda.

File Handling & Clipboard

belajar adobe illustrator.jpg 7
Cara menggunakan adobe illustrator

Menu ini berfungsi menangani file yang mengalami masalah seperti hang, komputer tiba-tiba restart sendiri maka kita bisa mengaktifkannya. Dan clipboard berfungsi mengatur salinan agar bisa dipindahkan ke program lain, atau membuat ganda suatu teks.

Anda juga dapat mengatur lokasi folder tempat recovery data dan mematikan data rekoveri dokumen yang kompleks. Saat di modifikasi maka link akan terupdate.

Appearance of black

belajar adobe illustrator.jpg 8
belajar adobe illustrator

Appearance of black adalah tempat untuk mengatur opsi warna hitam dan abu-abu pada perangkat layar agar menampilkan hitam dan abu-abu secara sempurna. Ini juga bekerja pada print dan ekspor.

Menu Object

pengenalan adobe illustrator
Pengenalan adobe illustrator

Nantikan lanjutan pembelajaran belajar adobe illustrator

Saya adalah penulis sekaligus konten kreator yang ingin membuat website untuk khalayak umum.