akibat keberagaman masyarakat indonesia

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia Menjadi 3 Keunikan Dimata Bangsa Lain

Lihat keberagaman masyarakat Indonesia agar tidak berakibat buruk
Lihat keberagaman masyarakat Indonesia agar tidak berakibat buruk

Contohdesain.my.id – Indonesia terkenal dengan masyarakatnya majemuk yang dikarenakan akibat keberagaman masyarakat Indonesia sendiri. Masyarakat Indonesia yang memiliki latar belakang suku bangsa serta daerah asal menjadi salah satu faktor penyebabnya. Disisi lain keberagaman masyarakat Indonesia ini mampu dimanfaatkan untuk menjadi daya tarik bagi turis dalam berkunjung atau berwisata.

Masyarakat Indonesia yang kaya akan kebudayaan serta adat istiadat menjadi idaman bagi bangsa serta negara lain agar mampu menerapkan rasa toleransi serta menghargai satu dengan yang lainnya. Kemudian sumber daya yang melimpah juga menjadi anugerah tersendiri bagi penduduk Indonesia dalam menjalani kehidupannya. Alam menyediakan banyak sumber kehidupan. Itu bisa membantu kami men- jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia.

Baca Juga: Masyarakat praaksara

Men- Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia menjadikan kehidupan rakyatnya ditiap daerah juga berbeda. Orang dari daerah timur misalnya mereka terkenal dengan tarian – tarian adat serta wisata yang masih menonjolkan unsur adat seperti di Papua, Sulawesi, Bali dan lain – lain. Jawa yang terkenal dengan kekayaan kebudayaan tradisional serta “unggah – ungguh” nya.

Kemudian ada Sumatera yang memiliki bermacam – macam suku serta makanan khas yang mendunia seperti Rendang. Begitu Indahnya keberagaman yang ada di Indonesia jika generasi penerusnya mampu untuk melestarikannya. Ini juga menjadi salah satu nilai yang patut dibanggakan dimata dunia, bahwa keberagaman memang ada dan harus terus dilestarikan serta dijaga.

Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia

Banyaknya suku bangsa menjadi salah satu dari akibat keberagaman masyarakat Indonesia sendiri. Indonesia terdiri dari 1.340 suku bangsa berdasarkan dari data BPS pada 2010. Begitu banyaknya suku tersebut menjadikan Indonesia unik dimata dunia. Kemudian adat serta kebiasaan serta kepercayaan setiap suku yang berbeda menjadi sebuah keindahan dari toleransi.

Karena diluar negeri masih banyak bullyan yang dilontarkan kepada kaum minoritas, namun jika di Indonesia mereka saling menghargai serta hidup saling berdampingan. Itulah yang membuat turis asing sangat terkesan dengan kedamaian kehidupan antar suku bangsa di Indonesia. Mereka bisa hidup berdekatan dalam satu lingkungan namun jauh dari kata bentrok, mungkin dapat menjawab jika ada yang bertanya! Jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia.

Baca Juga: Indonesia adalah negara bekerja sama

Akibat keberagaman masyarakat Indonesia yaitu adanya beberapa suku yang terkenal serta harus Sahabat Contohdesainer ketahui. Seperti suku Jawa yang masyarakatnya banyak tinggal di pulau Jawa, kemudian ada suku batak, Dayak, Asmat, Minahasa, Melayu, Sunda dan Madura. Itu baru sebagaian saja, namun suku tersebut diyakini menjadi salah satu terbanyak di Indonesia dari segi keturunannya.

Keberagaman Agama dan Bahasa yang Dimiliki

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia
Akibat keberagaman masyarakat Indonesia

Selain banyaknya suku bangsa, di Indonesia juga terdapat banyak sekali Agama atau kepercayaan serta bahasa lokalnya. Setiap daerah bahkan memiliki bahasa lokal tersendiri. Itu yang membuat ciri khas setiap orang ketika mereka merantau atau berada dikota orang lain. Jika mereka mampu berbahasa lokal suatu daerah maka menandakan seseorang berasal dari daerah tersebut.

Terdapatnya berbagai jenis bahasa ini akibat dari keberagaman masyarakat Indonesia. Masyarakat dari latar belakang budaya, ras serta asal menjadikan bervariasinya bahasa yang ada di Indonesia. Selain bahasa, agama juga menjadi salah satu dampak dari multikulturnya masyarakat Indonesia. Masyarakat yang majemuk menjadikan banyak sekali agama di Indonesia.

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam bukan berarti hanya agama ini yang tinggal dinegara Indonesia. Namun ada agama Kristen dan Katholik kemudian ada Hindu, Buddha serta Konghucu. Semua umat beragama mampu hidup dengan aman serta memiliki rasa toleransi yang tinggi antar umat lain.

Keberagaman Upacara Adat Setempat di Daerah

 Upacara Adat
Upacara Adat

Yang terakhir akibat keberagaman masyarakat Indonesia adalah banyaknya upacara adat disetiap daerah. Mereka melaksanakan upacara adat kebiasaan daerah serta kepercayaan mereka karena sebagai pelestarian dari peninggalan nenek moyang mereka serta merupakan suatu kewajiban dalam ajaran kelompok ataupun kepercayaan. Sehingga hal itu juga menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan.

Misalnya seperti Nyepi di Bali, wisatawan kadang menunggu hal tersebut untuk berlibur ke Bali guna merasakan sensasi serta situasi bagaimana hidup sehari dengan tanpa cahaya dari listrik sama sekali serta tidak boleh ada keramaian sama sekali. Kemudian ada upacara pembakaran mayat berupa Ngaben.

Baca Juga: Pergaulan bebas saat ini

Kemudian ada upacara Kebo – keboan di Banyuwangi, Gigi Runcing suku Mentawai, Dugderan di Semarang serta Ritual Tiwah di Kalimantan Tengah. Keberagaman menjadi ciri khas Bangsa Indonesia dimata dunia. Namun juga menjadikan Bangsa ini saling hidup berdampingan meskipun dari latar belakang suku, ras serta agama yang berbeda akibat keberagaman masyarakat Indonesia dan bisa menjawab pertanyaan jelaskan akibat keberagaman masyarakat indonesia.

Please disable your adblocker or whitelist this site!